Rahmat S. Ono, Tentara Jepang Yang Alih Bela Indonesia

117 views Leave a comment
Rahmat S. Ono, Tentara Jepang Yang Alih Bela Indonesia

Dailymoslem – Rahmat Shigeru Ono. Namanya mungkin tidak terlalu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Namun ternyata pria pemilik usaha apel di Malang ini berjasa dalam usaha membebaskan Indonesia dari penjajahan Bangsa Barat.

Rahmat Jepang, begitu ia akrab disapa orang-orang di kota Batu tempat ia menghabiskan akhir hayatnya. Dipanggil Rahmat Jepang, karena Rahmat Shigeru Ono memang mantan tentara Jepang yang akhirnya membela Negara Republik Indonesia.

Lahir di Hokaido 26 September 1918, Rahmat Shigeru Ono termasuk kedalam tentara Jepang yang ketika itu berusaha menguasai wilayah Indonesia. Namun Ketika Jepang menyatakan menyerah pada sekutu, Rahmat Shigeru membuat keputusan besar dalam hidupnya, yaitu tetap tinggal di Indonesia dan berusaha memerdekakannya.

Saat itu hampir 1.000 tentara Jepang ikut dalam perang kemerdekaan Indonesia. Menurut catatan Yayasan Warga Persahabatan (YWP) di Jakarta, sekitar 27% meninggal saat perang, 32% hilang, 5% kembali ke Jepang dan 36% tetap tinggal di Indonesia dan menjadi WNI.

Pria yang wafat pada 25 Agustus 2014 kemarin, ini menikahi wanita asal Batu bernama Darkasih dan memilih untuk menjadi seorang mualaf. Dari pernikahan ini Ia dikaruniai 10 orang anak yang empat diantaranya telah wafat.

Kisah Rahmat Shigeru Ono ini tertuang dalam buku berjudul “Mereka Yang Terlupakan: Memoar Rahmat Shigeru Ono” yang ditulohs oleh Eiichi Hayashi.

Rahmat Shigeru Ono mungkin menjadi salah satu hal yang menampar masyarakat Indonesia, dimana saat ini banyak sekali pemuda yang lebih cinta pada Negara lain. Ingin tahu lebih dalam mengenai Veteran Indonesia asal Jepang ini, baca selengkapnya disini.

 

(Visited 200 times, 1 visits today)