Radiasi Ponsel Menyebabkan Kanker Otak Ternyata Hanya Mitos, Benarkah?

123 views Leave a comment
Radiasi Ponsel Menyebabkan Kanker Otak Ternyata Hanya Mitos, Benarkah?

Dailymoslem – Radiasi ponsel memang digadang-gadang dapat memberikan efek buruk untuk kesehatan, salah satunya adalah menyebabkan terjadinya kanker otak.

Bukan hanya isapan jempol belaka, kota San Fransisco pada tahun 2009 bahkan pernah menggalakan stiker tetang bahaya kanker otak yang ditempelkan di setiap ponsel yang dijual di kota tersebut untuk mengingatkan semua pembeli akan bahaya kanker otak akibat penggunaan ponsel.

Peraturan tersebut diterapkan karena diduga adanya radiasi elektromagnetik yang berasal dari ponsel, yang dapat memicu pertumbuhan kanker pada otak. Namun, peraturan tersebut kemudian dicabut pada Mei 2013.

Apakah hal tersebut karena anggapan bahwa radiasi ponsel menyebabkan kanker ternyata hanya mitos?

Sebuah penelitian di Australia menemukan bahwa perkembangan kasus kanker otak sejak tahun 1982 hingga 2013 pada wanita berjalan stabil, sedangkan pada laki-laki meningkat, seperti dilansir dari merdeka.com. Lelaki yang mengalami kanker otak umumnya berusia di atas 70 tahun. Yang artinya, perkembangan kanker otak tersebut terjadi sebelum tahun 1982, di mana ponsel belum tersedia untuk umum saat itu.

Meski begitu, belum ada penelitian lebih lanut apakah radiasi ponsel memang sungguh-sungguh dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker di otak atau tidak.

Namun demikian, menurut Gizmodo (6/5), orang tidak akan mungkin meninggalkan penggunaan smartphone demi kesehatan, meski seberapa besarpun bahaya yang ditimbulkan smartphone untuk kesehatan.

Bagaimana menurut kamu?

(Visited 74 times, 1 visits today)