Punya Kebiasaan Makan yang Tidak Terkontrol? Mungkin Kamu Butuh Hormon Ini

400 views

Dailymoslem – Bagi sebagian orang, nafsu makan barangkali menjadi nafsu yang paling sulit untuk ditahan. Mulai dari makanan gurih kaya rempah, sampai makanan manis yang memanjakan lidah menjadi salah satu godaan terbesar dalam hidup.

Dilansir dari entrepreneur.com, peneliti dari Robert Wood Johnson Medical School menemukan salah satu alasan kenapa kita bisa punya keinginan untuk makan yang tidak terkontrol. Menurut penelitian tersebut, dikaatakan bahwa hormone glucagen-like peptide-1 (GLP-1) merupakan yang bertanggung jawab atas keinginan yang tidak terkontrol akan makanan.

(Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mengurangi Gula Bisa Menjadi Jurus Diet yang Ampuh)

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus ini, terbukti bahwa tikus yang diberikan hormone GLP-1 tidak begitu tertarik pada makanan yang disediakan. Namun mereka jadi sangat tertarik pada makanan-makanan tersebut, terutama makanan yang mengandung banyak lemak dan gula, ketika hormone GLP-1 tersebut diturunkan kadarnya.

Dalam penelitian ini juga dapat disimpulkan bahwa ada dua perilaku makan. Pertama adalah homeostatic, yaitu perilaku makan yang dilakukan untuk menjaga energi tetap terjaga. Kedua adalah hedonic, yaitu perilaku makan yang dilakukan untuk kesenangan semata.

(Baca juga: Menurunkan Berat Badan 1kg Seminggu dengan Diet Jahe)

Nah, hormon GLP-1 yang datang dari sel-sel otak ini dapat mengatur perilaku makan melalui sinyal ke bagian tengah otak.

Lalu, apakah hormone ini dapat ditambahkan atau dikurangi melalui obat atau cara lainnya?

Well, hormon bekerja seperti rantai. Selalu ada satu hormone yang akan berpengaruh pada peningkatan dan penurunan hormone lainnya. Misalnya kerja hormone estrogen yang selalu berkaitan dengan hormone estrogen.

Jadi, kalau kamu mau tahu kira-kira hormone apa yang akan mempengaruhi kerja hormone GLP-1 ini atau gimana cara mengurangi hormone ini, tunggu penelitian selanjutnya ya!

(Visited 287 times, 1 visits today)