Program Bela Negara Indonesia Sama Dengan Korea?

117 views Leave a comment
Program Bela Negara Indonesia Sama Dengan Korea?

Dailymoslem – Wajib ikut Bela Negara yang dicanangkan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu langsung menjadi perbincangan hangat. Bagaimana tidak semua pria berusia 18-50 tahun diwajibkan untuk mengikuti program ini.

Negara tetangga, Singapura sudah sejak tahun 1976 mewajibkan penduduk dan penduduk permanen yang sudah berusia 18 tahun untuk mengikuti wajib militer. Tidak hanya Singapura, negara yang sedang gencar mengorbitkan artis-artisnya ke kancah dunia yaitu korea juga mewajibkan para pria untuk mengikuti wajib militer selama 2 tahun. Para artis yang sedang dalam masa kepopuleran pun tak dapat mengelak dari kewajiban tersebut.

Namun begitu, program Bela Negara yang akan diadakan di Indonesia berbeda denganwajib militer dinegara lain. Ryamizard menegaskan, program Bela Negara bukan wajib militer.

Bela Negara salah satu bentuk disiplin pribadi yang akan membentuk disiplin kelompok, seterusnya disiplin nasional.” Papar Ryamizard seperti dikutip dari merdeka.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir akan lahirnya separatisme atau terorisme dari adanya program ini, karena berfokus pada mengenalkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air bukan dididik menjadi prajurit atau dimasukan kepada unit-unit militer.

Nantinya materi Bela Negara ini akan meliputi pemahaman empat pilar negara, sistem pertahanan semesta dan pengenalan alutsista TNI serta pemahaman mengenai lima nilai cinta tanah air, sadar bangsa, rela berkorban dan pancasila sebagai dasar negara.

Dari materi-materi yang disebutkan sudah jelas bahwa program Bela Negara ditujukan agar masyarakat Indonesia lebih menegal, menghormati dan akhirnya akan terpacu untuk membela negara sendiri dengan cara yang tidak hanya berperang saja.

Tembak menembak itu nomor dua ratus. Hanya organisasi atau bangsa disiplin yang akan menjadi besar.”  Tambahnya.

Baca Juga:

Wow Selebritis Populer Korea, Jang Geun Suk Masuk Islam?

Wah, Ternyata Korea Selatan Punya Banyak Restoran Halal

Jukkumi, Hidangan Gurita Khas Musim Semi di Korea Selatan

(Visited 200 times, 1 visits today)