Pro-Kontra Peresmian Hari Santri Sebagai Hari Besar Nasional, Tanggal 22 Oktober 2015

138 views Leave a comment
Pro-Kontra Peresmian Hari Santri Sebagai Hari Besar Nasional, Tanggal 25 Oktober 2015

Dailymoslem – Hari ini, tanggal 25 Oktober 2015 diresmikan Hari Santri sebagai salah satu hari besar nasional. Peresmian Hari Santri ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di Masjid Istiqlal pukul 14.00.

Peresmian Hari Santri ini merupakan salah satu bentuk dedikasi pada peran santri dalam meraih kemerdekaan Indonesia. Ada banyak nama-nama santri yang memiliki peran yang cukup berpengaruh seperti Hasyim Asyari, Ahmad Dahlanm, HOS Cokroaminoto dan masih banyak lagi.

Namun, keputusan menjadikan Hari Santri sebagai hari besar nasional ini bukan tanpa kontroversi. Apalagi status sebagai santri juga kerap mengalami diskriminasi di Indonesia. Meski bertujuan memberi posisi istimewa, namun keputusan ini dianggap dapat semakin memberi sekat pada yang santri dan bukan santri di Indonesia.

Salah satu yang merasa keberatan dengan Hari Santri ini adalah PP Muhammadiyah yang melayangkan surat protes pada RI 1 mengenai peresmian Hari Santri ini.

Tapi namanya sebuah kebijakan dan keputusan, pasti ada juga pihak yang kontra. Di sini salah satu pihak yang keberatan adalah PP Muhammadiyah. Lewat surat protesnya buat RI 1, mereka beranggapan jika penetapan Hari Santri hanya akan melahirkan sekat di antara bangsa Indonesia.

Kalau menurut pembaca DailyMoslem, perlukah kita merayakan Hari Santri sebagai salah satu hari besar nasional?

(Visited 244 times, 1 visits today)