Polres Aceh Utara Akan Gelar Razia Jumat Untuk Lelaki Yang Mangkir Shalat Jumat

116 views Leave a comment
Polres Aceh Utara Akan Gelar Razia Jumat Untuk Lelaki Yang Mangkir Shalat Jumat

Dailymoslem – Bagi laki-laki shalat jumaat memang sebuah hal yang wajib. Bahkan Allah telah mengecam para laki-laki yang tak mau shalat Jumat sampai tiga kali dengan menutup hatinya. Rasulullah Bersabda,

Shalat Jumat itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjamaah, kecuali empat golongan yaitu budak, wanita, anak kecil dan orang yang sedang menderita sakit.” (HR. Abu Daud dan Al-Hakim)

“Barangsiapa meninggalkan tiga kali shalat Jumat karena menganggap enteng (malas) tanpa alasan yang bisa diterima niscaya Allah SWT akan menutup hatinya.” (Q.S Abul Ja’ad Adh-Dhumasry ra)

Sayangnya, masih banyak lelaki muslim yang sudah menyandang status baligh tidak menganggap shalat Jumat adalah penting. Mereka lebih memilih mojok di kedai-kedai kopi atau tempat-tempat nongkrong lainnya.

Menanggulangi hal itu, Polres Aceh Utara menggelar razia khusus haru jumat yang ditujukan untuk para laki-laki yang mangkir dari shalat Jumat. Razia ini akan dilakukan oleh para Polisi Wanita (Polwan) bersama Wilayatul Hisbah (WH) perempuan di Aceh Utara.

Para petugas akan menyisir kedai-kedai kopi dan tempat yang ditengarai menjadi tempat berkumpulnya muslim yang mangkir shalat Jumat. Sanksi yang diberikan hingga saat ini masih berupa teguran, nasihat dan imbauan saja.

Program ini sengaja dilakukan untuk memantapkan Qanun Nomor 11 Tahun 2002 tentang Akidah, ibadah dan Syiar Islam. Untuk menyempurnakannya, program ini pun telah bekerjasama dengan Polres Aceh Utara, pihak Dinas Syariat Isla da Wilayatul Hisbah Aceh utara.

 

Baca Juga:

Benarkah Wanita Belum Boleh Shalat Dzuhur Sebelum Lelaki Selesai ‘Jumatan’ ?

Anjuran Memotong Kuku Pada Hari Jumat

Benarkan Meninggal Pada Hari Atau Malam Jumat Dapat Terhindar Dari Siksa Dan Fitnah Kubur?

Apakah Boleh Wanita Lakukan Sahalat Jumat?

Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

 

(Visited 54 times, 1 visits today)