Pola Makan Yang Tersehat Ternyata Pola Makan Tradisional Orang Indonesia

140 views Leave a comment
Pola Makan Yang Tersehat Ternyata Pola Makan Tradisional Orang Indonesia

Dailymoslem – Pola makan tradisional orang Indonesia seperti makan umbi-umbian dan sayuran ternyata merupakan pola makan yang paling sehat. Bahkan, nasi tumpeng merupakan makanan dengan asupan gizi yang paling baik.

Hal ini terbukti melalui penelitian yang menembukan bahwa dalam kurun waktu lima tahun terakhir, konsumsi beras dan terigu meningkat dua kali lipat, yang juga disertai dengan meningkatnya konsumsi mie instan lebih dari sekali dalam sehari. Hasilnya, penyakit seperti kanker, diabetes, stroke dan hipertensi pun meningkat. Hal ini disampaikan oleh Murdijati Gardjito, Guru Besar Bidang Ilmu dan Teknologi Pangan Univeristas Gadjah Mada (UGM) saat acara Dialog Gastronomi Nasional di Gran Mahakam, Jakarta, Senin (23/11/2015), dilansir dari marketeers.com.
“Kebiasaan makan di rumah bergeser menjadi makan di luar. Alasannya, orang merasa tidak punya waktu untuk menyiapkan masakan di rumah. Alhasil, konsumsi makanan sehat jadi menurun karena didominasi oleh makanan instan,”¬†tuturnya.
Murdjati juga menambahkan, pola makan umbi-umbian dan sayur-sayuran menurun karena dianggap kuno dan hanya cocok untuk orang miskin. Padahal, penelitian membuktikan bahwa pola makan yang demikian merupakan yang tersehat.
Menurut Murdjati, perlu adanya elaborasi kuliner jenis lain dari umbi-umbian dan sayuran untuk dapat meningkatkan kearifan lokal di sektor kuliner, serta mengembalikan pola makan sehat umbi-umbian dan sayuran di masyarakat Asia Timur, khususnya Indonesia.
Featured image via balytra.com.
(Visited 218 times, 1 visits today)