Perubahan Pada kuku Seperti Ini Tunjukkan Tubuh Sedang Alami Kelainan

115 views Leave a comment
Perubahan Pada kuku Seperti Ini Tunjukkan Tubuh Sedang Alami Kelainan

Dailymoslem – Saat tubuh mengalami kelainan, misalnya sakit pada organ dalam beberapa organ tubuh yang lain akan menunjukkan tanda-tandanya. Misalnya lidah yang berubah warna atau mata yang berubah menjadi sayu.

Selain kedua anggota tubuh tersebut, kuku juga dapat menunjukkan adanya kelainan yang sedang diderita tubuh. Berikut ini adalah beberapa perubahan yang dialami kuku ketika ada kelainan yang dalam tubuh.

Kuku tiba-tiba retak atau patah

Penyebab kuku seperti ini terkadang tidak hanya karena penyakit saja, tetapi karena kegiatan sehari-hari seperti mencuci, berenang atau tinggal di tempat yang lembab. Namun jika gejalanya sudah dirasakan sejak lama, padahal tidak melakukan kegiatan-kegiatan tersebut ada baiknya langsung berkonsultasi pada dokter, karena bisa jadi itu adalah tanda dari hipotiroidisme atau lebih sering dikenal sebagai gondongan.

Kuku yang terlihat biru

Kuku seperti ini tidak selalu menandakan bahwa tubuh kekurangan oksigen, namun juga dapat menunjukkan infeksi pda paru-paru seperti pneumonia. Selain itu dalam beberapa kasus kelainan jantung juga menyebabkan kuku terlihat lebih biru.

Warna kuku berubah menjadi kuning

Kuku yang berubah menjadi warna kuning biasanya terjadi pada para perokok aktif. Namun warna kuning tersebut, bisa menunjukkan bahwa seseorang tengah mengalami penyakit liver. Selain itu, kuku kuning pun dapat terjadi karena terlalu banyak menggunakan pembersih cat kuku.

Munculnya garis horizontal

Jika garis ini muncul, ada kemungkinan bahwa seseorang tengah mengalami kekurangan gizi atau bahkan penyakit yang lebih serius, sperti penyakit ginjal, gangguan liver atau kekurangan protein akut.

Muncul garis atau noda hitam pada kuku

Ketika kuku terkena hantaman benda atau terjepit dengan keras, biasanya kuku akan berubah menjadi hitam keunguan. Namun jika warna hitam tersebut tiba-tiba muncul meski tidak terjadi cerdera maka bisa jadi hal itu menunjukkan penyakit melanoma, yaitu jenis kanker kulit yang berbahaya.

Titik putih pada kuku

Biasanya orang-orang menyambungkan hal pada takhayul seperti ada orang yang sedang benci atau atau ada orang yang jatuh cinta pada Anda. Sebenarnya titik ini bisa timbul akibat cedera yang tak terasa. Pertumbuhan kuk yang sangat lama, mengakibatkan bekas cedera itu lama hilang.

Jika titik putih ini hanya terdapat pada satu atau dua kuku saja, maka  tidak ada yang harus dikhawatirkan. Namun jika seluruh kuku jari mengalaminya ada kemungkinan Anda megalami penurunan fungsi pada ginjal, anemia atau bahkan diabetes.

 

Baca Juga:

Bahaya Meminjamkan Gunting Kuku Ke Orang Lain

Anjuran Memotong Kuku Pada Hari Jumat

Masih Memelihara Kuku Panjang? Coba Deh Ketahui Hukum Memanjangkan Kuku Menurut Islam

 

(Visited 208 times, 1 visits today)