Perjuangan Para Wanita Berhijab Di Amerika, Harus Menjadi Pelajaran Bagi Kita Wanita Indonesia

347 views
Perjuangan Wanita Berhijab Amerika

Dailymoslem – Bersyukurlah masih bisa bebas mengenakan hijab di Indonesia tercinta ini. Meskipun negara ini berlandaskan Pancasila dan bukannya syariat Islam, namun Allah masih merahmati negeri ini dengan membuat rakyatnya beragama muslim. Sehingga mereka yang beragama muslim tak merasakan diskriminasi atau islamophobia setiap hari.

Di negara lain, sebutlah Amerika masuk kedalam bank saja hijab harus dibuka. Mereka bilang demi keamanan dan keselamatan karyawannya. Subhanallah, hijab kan bukan sebuah senjata tajam. Bagaimana caranya selembar hijab bisa mengancam keamanan?

Ini bukan hanya cerita, kejadian ini dialami oleh seorang wanita bernama Nadia. Saat itu, ia bersama suaminya hendak menukarkan uang ke bank di kawasan Wayne Road, Westland, Amerika. Sayangnya, saat akan masuk kedalam bank, seorang petugas wanita menyuruh Nadia melepas hijabnya ditempat.

Meskipun diperbolehkan untuk digunakan kembali setelah diperiksa, namun hal itu sudah melanggar norma dalam agama Islam.

Seorang petugas perempuan meminta melepas jilbabnya sebentar lalu memakainya lagi, tapi Nadia bilang tidak bisa karena ini adalah area public, hanya keluarga dekat yang boleh melihatnya tanpa hijab.” Ujar sang suami, Fatah seperti dilansir dari My Fox Atlanta.

Dawud Walid, Perwakilan dari Dewan hubungan Islam Amerika (Council on American Islamic Relation – CAIR) mengatakan bahwa larangan tersebut sungguh tidak masuk akal. Pasalnya wanita berhijab di Amerika diperbolehkan untuk mendapatkan SIM dan paspor yang menandakan wanita berhijab memiliki hak seperti masyarakat yang lainnya.

Setelah dilayangkan gugatan, pihak bank menulis surat pernyataan yang didalamnya mengatakan bahwa mereka menghormati semua agama dan melayani semua pelanggan. Namun, mereka memiliki kebijakan keamanan untuk melepaskan sebentar topi, kacamata hitam, kerudung atau penutup kepala lainnya agar memudahkan identifikasi pada setiap orang.

Lalu, mengapa masih enggan mengenakan hijab yang sudah jelas diwajibkan oleh Allah? Sedangkan disana orang-orang kesulitan menjalani kewajiban tersebut. Masya Allah, maka bersyukurlah kita sebagai bangsa Indonesia yang masih bisa dengan bebas mengenakan hijab kemanapun kita mau.

(Visited 309 times, 1 visits today)