Peringati Hari Pahlawan, Arek Suroboyo Hidupkan Kembali Semangat Bung Tomo Lewat Drama Kolosal

272 views Leave a comment
Peringati Hari Pahlawan, Arek Suroboyo Hidupkan Kembali Semangat Bung Tomo Lewat Drama Kolosal

Dailymoslem – Surabaya menjadi salah satu titik terpenting dalam catatan sejarah Indonesia setelah terjadinya peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia di Hotel Yamoto, yang kini bernama Hotel Majapahit.

Di tempat yang sama, Senin (9/10) malam, para pemuda Surabaya memperingati hari pahlawan dengan mengadakan sebuah drama kolosal yang menceritakan ulang perjuangan Bung Tomo saat merebut kembali negara Indonesia dari tangan tentara sekutu.

Setidaknya 500 arek Suroboyo tumpah di Tugu Pahlawan untuk terlibat dalam drama kolosal ini. Sementara para penonton tak terhitung jumlahnya. Drama ini diawali dengan lagu Padamu Negeri dan mendengarkan pembacaan proklamasi kemerdekaan oleh Bung Karno melalui radio.

Suasana di sekitar Tugu Pahlawan ini dibuat semirip mungkin dengan suasana di masa kemerdekaan, berbagai properti seperti sepeda onthel, tank, vespa bahkan sepatu bekas memperjuangkan kemerdekaan turut hadir menghadirkan ulang suasana di masa lalu. Bahkan teriakan dan aksi teatrikal para pemain drama ini mampu membangkitkan semangat kemerdekaan pada penonton yang hadir, hingga terdengar teriakan “merdeka!” dari para penonton yang terbawa suasana.

Alur ceritapun dibuat persis seperti kronologi yang terjadi pada 10 Nopember 1945 lalu. Dimulai dari kedatangan tentara Jepang ke Surabaya, proklamasi kemerdekaan, kedatangan tentara Belanda dan Inggris, Insiden Hotel Yamato, kematian Brigadir Jendral Mallaby hingga pidato Bung Tomo yang membakar para pemuda Surabaya untuk mempertahankan kemerdekaan yang baru didapatkannya.

Drama Kolosal Surabaya

Picture 1 of 4

Foto via kompasiana.com/soerjo

Sumber foto & featured image: Kompasiana/soerjo

(Visited 153 times, 1 visits today)