Perceraian Terus Meningkat, Pemerintah Dituntut Optimalkan Kursus Calon Pengantin (SUSCANTIN)

91 views Leave a comment
Perceraian Terus Meningkat, Pemerintah Dituntut Optimalkan Kursus Calon Pengantin (SUSCANTIN)

Dailymoslem – Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kehidupan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama (Kemenag) merilis sebuah penelitian yang diberi judul “Tren Cerai Gugat di Kalangan Muslim Indonesia.” Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa terjadi peningkatan kasus perceraian yang cukup signifikan dari tahun 2010 ke tahun 2014.

Pada tahun 2010 kasus perceraian di Pengadilan Agama tercatat sebanyak 251.208, angka tersebut kemudian terus meningkat hingga mencapai 382.211 kasus pada tahun 2014. Dari fenomena tersebut Kustini, Kepala Bidang Litbang Aliran dan Pelayanan Keagamaan Kemenag mengatakan ada 3 faktor besar yang biasanya menimbulkan perceraian.

  1. Tidak ada tanggung jawab
  2. masalah ekonomi
  3. gangguan pihak ketiga

ketiga faktor tersebut juga ternyata dipengaruhi oleh hal lain yang memperparah hubungan silaturahmi.  Hal-hal yang memperparah tersebut adalah:

  1. Nilai perkawinan menghilang karena ada penelantaran dari pihak laki-laki
  2. praktik perjodohan

Sebenarnya ada hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini yaitu dengan adanya pendidikan pra nikah. Pendidikan yang diberikan pada calon pengantin ini memberikan pengetahuan seputar pernikahan, mulai dari pengetahuan mengenai peranan suami istri hingga seluk beluk persoalan rumah tangga tangga lainnya.

Dalam hal ini, Kustini mengatakan bahwa di Indonesia sudah ada pendidikan yang bernama Kursus Calon Pengantin (suscatin). Sayangnya suscantin ini tidak berjalan dengan optimal layaknya di Malaysia, Singapura dan Filipina.

(Sumber: republika)

Baca Juga:

Agar Rumah Tangga Dapat Mencapai Sakinah Mawaddah Warrahmah (1)

Agar Rumah Tangga Dapat Mencapai Sakinah Mawaddah Warrahmah (2)

Astagfirullah, Ternyata Iblis Sangat Bangga Jika Berhasil Menghancurkan Rumah Tangga Muslim

7 Rahasia Rumah Tangga Harmonis Fatimah Az-Zahra dan Ali Bin Abi Thalib

(Visited 107 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS