Perbedaan Tahun Hijriah Dan Masehi

306 views Leave a comment
perbedaan hijriah dan masehi

Dailymoslem – Islam seperti yang kita ketahui memiliki cara penanggalan bulan dan tahun berbeda yang didasarkan pada perhitungan perputaran bulan pada bumi. Awal penanggalan tersebut disepakati berdasarkan momen hijrahnya Rasulullah dari Mekkah ke Madinah, sesuai dengan ide dari Ali bin Abi Thalib.

Penanggalan yang didasarkan pada perputaran bulan atau disebut dengan tahun qomariah ini sesuai dengan firman Allah dalam surah Yunus.

Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).” (Q.S Yunus: 5)

Lalu apa saja sih perbedaan dari tahun hijriah dan masehi ?

Penetapan Awal Tahun

Seperti yang sudah disinggung di atas, awal penanggalan hijriah ditetapkan berdasar pada hijrahnya Rasulullah shallallahu Alaihi wa Sallam. Oleh karena itu, maknanya adalah setiap tahun kita harus berhijrah. Pindah dari hal buruk pada hal yang lebih baik. Sedangkan masehi, diawali berdasar pada  kelahiran Yesus sebagai tahun permulaan.

Perhitungan Pergantian Hari

Jika masehi memulai hri baru setelah 24 jam, maka hijriah menetapkan pergantian harinya setelah matahari terbenam (magrib).

Jumlah Hari

Penanggalan masehi, memiliki jumlah hari yang berkisar antara 30-31 hari setiap bulan dan itu statis. Maksudnya, dari awal hingga sekarang Januari memiliki jumlah hari sebayak 31. Nah, pada tahun hijriah hari hanya berkisar pada angka 29-30 dan tiap bulan tidak lah tetap.

Jumlah hari dalam satu tahun

Karena setiap bulan harinya berbeda dan lebih sedikit, hal itu mempengaruhi pada jumlah hari pada satu tahun. Hijriah hanya memiliki 354 hari, lebih sedikit 11 hari dibanding masehi yang memiliki 365 hari.

 

Baca juga:

Rute Hijrah Rasulullah Ke Madinah Akhirnya Ditemukan!

MATA-MATA DAN DAJJAL YANG PASTI AKAN DATANG

Kisah Inspiratif: Bisnis Abdurahman Bin Auf Terus Berkembang Pesat Karena Kegemarannya Bersedekah

(Visited 251 times, 1 visits today)