Pengusaha Muslim Prancis Ini Siap Tanggung Denda Bagi Muslimah Yang Mengenakan Burkini

831 views Leave a comment
Pengusaha Muslim Prancis Ini Siap Tanggung Denda Bagi Muslimah Yang Mengenakan Burkini

Dailymoslem – Peraturan yang melarang pemakaian burkini (pakaian renang muslimah) oleh pemerintah Prancis, menyulut simpati banyak netizen. Beberapa aksi penolakan pun dilancarkan. Salah satunya adalah acara Beach Day yang membuat pelataran kedutaan Prancis setempat benar-benar terlihat seperti pantai.

Bukan hanya aksi protes saja, pebisnis keturunan Aljazair yang lahir dan besar di Prancis – Rachid Nekkaz – bahkan siap memberikan bantuan finansial bagi para muslimah yang mendapat denda dari pemerintah.  Nekkaz mengaku, hal ini bukan dilakukan untuk semata-mata mendukung niqab (pakaian muslimah yang menutupi seluruh tubuh kecuali mata) melainkan untuk mendukung demokrasi dan hak-hak perempuan.

rachid nekkaz

Tindakan ini bukan pertamakalinya bagi Nekkaz. Pada tahun 2011 lalu, ia menyiapkan 1juta Euro untuk membayar muslimah berniqab yang di denda pemerintah Prancis. Namanya langsung terkenal keseluruh penjuru Prancis saat itu. Bagaimana tidak, ia seperti seorang superhero yang dengan elegan menyelesaikan masalah diskriminasi pada agamanya. Dalam sebuah konferensi pers, Nekkaz mengatakan bahwa dirinya sangat menolak tindakan suami yang memaksa istrinya mengenakan niqab namun dirinya berdiri untuk membela hidup wanita.

“I’m in favor of a law to convict a husband who forces a women to wear the niqab and who forces her to stay at home. But I’m also for a law that lets these women move freely in the streets, because freedom of movement, just like any freedom, is the most fundamental thing in a democracy.”

“Once I do not agree, I will fight to the death to give the possibility to these people to express their opinion or to dress as they please. That is freedom. It is a question of principle.”

Peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Prancis ini memang terkesan mendiskriminasi masyarakat Muslim. Bagaimana bisa seorang wanita yang memilih membuka pakaian diperbolehkan sedangkan wanita yang memilih menutup tubuhnya dianggap sebuah ancaman.

 

Baca juga:

Prancis Kerahkan Petugas Polisi Untuk Telanjangi Wanita Muslim

Pemerintah Prancis Larang Muslimah Berenang Jika Tak Pakai Bikini

Baju Renang Muslim Marks & Spancer Tuai Pro Kontra Di Dunia Fashion Barat

(Visited 1 times, 1 visits today)