Penemuan Terbaru: Racun Laba-Laba untuk Obat Penghilang Rasa Sakit

842 views

Dailymoslem – Mendengar kata racun laba-laba, hal pertama yang ada di pikiran kita adalah rasa sakit, atau mungkin adegan di film Spiderman yang membuat Peter Parker berubah menjadi manusia laba-laba setelah gigitan laba-laba di tangannya. Namun, penemuan terbaru dari Queensland menyatakan bahwa racun laba-laba memiliki kandungan yang bisa digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Para ilmuwan menemukan tujuh senyawa di dalam racun laba-laba yang diyakini berpotensi menciptakan obat penghilang rasa sakit baru yang lebih ampuh dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obatan sejenis yang ada saat ini.

Seperti dilansir dari pikiranrakyat.com, para peneliti di Lembaga Biosains Molekuler di University of Queensland, Australia, menemukan bahwa di dalam senyawa racun laba-laba terdapat tujuh senyawa yang dapat menghalangi sinyal-sinyal sakit untuk mencapai otak. Penemuan ini kemudian diterbitkan dalam British Journal of Pharmacology.

“Jika kita dapat mengambil racun-racun itu yang dapat menghalangi kanal-kanal tersebut dan mengubahnya menjadi obat, maka orang-orang tidak akan merasakan stimulasi dari syaraf-syaraf yang biasanya menyebabkan rasa sakit,” kata Julie Garb, seorang peneliti laba-laba di departemen biologi University of Massachusetts di Lowell, yang tidak terlibat dalam penelitian di Australia.

Diperkirakan ada sembilan juta protein yang terkandung dalam racun yang dikumpulkan dari 45.000 spesies laba-laba di dunia.

“Namun mungkin hanya ada satu komponen yang memiliki dampak medis positif dan berguna, jadi mereka mencoba mengisolasi dengan tepat apa itu. Jadi jika kita tahu secara tepat apa itu, maka kita dapat memproduksinya sebagai obat,” ujarnya.

(Visited 429 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]