Penelitian Terbaru: Rasa Gelisah Ternyata Memiliki Dampak Positif

89 views Leave a comment
Penelitian Terbaru: Rasa Gelisah Ternyata Memiliki Dampak Positif

Dailymoslem – Perasaan gelisah seringkali dianggap mengganggu karena dapat membuat orang menjadi tidak optimis, terlalu khawatir, bahkan juga bisa merusak konsentrasi dan aktivitas. Namun, peneitian terbaru ternyata menemukan bahwa perasaan gelisah memiliki dampak positif untuk seseorang.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di eLife menemukan bahwa orang yang mudah gelisah memiliki kelebihan tersendiri yaitu dapat mendeteksi emosi negatif orang lain dan dapat lebih berempati.

Dalam penelitian tersebut dilibatkan 24 responden yang merupakan orang dewasa, mereka diminta untuk mengisi kuisioner mengenai tingkat kegelisahan mereka. Kemudian, mereka diminta untuk melihat berbagai potret wajah yang mereka anggap memiliki emosi negatif.

Saat tes berlangsung, peneliti memeriksa singal pada otak responden. Hasilnya, orang yang memiliki kegelisahan dapat memilih foto wajah dengan emosi negatif dengan lebih cepat. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan karena orang yang gelisah menggunakan bagian otak lain untuk mengakses emosi mereka yang berhubungan dengan aksi fisik.

Dengan kata lain, selain peka terhadap emosi negatif, orang yang gelisah dapat bereaksi lebih cepat terhadap sebuah situasi konfrontatif.

(Visited 120 times, 1 visits today)