Penelitian Membuktikan: Menikah Di Atas Usia 30 Tahun Lebih Rentan Perceraian

418 views
Penelitian Membuktikan: Menikah Di Atas Usia 30 Tahun Lebih Rentan Perceraian

Dailymoslem – Seiring perkembangan zaman, banyak orang yang memutuskan untuk menikah di usia yang lebih matang. Pertimbangan karir dan finansial menjadi salah satu alasan banyak orang menunda pernikahan. Namun, seperti dilansir dari Kompas Female, penelitian yang dilakukan oleh Nicholas Wolfinger dari University of Utah membuktikan bahwa menikah di usia di atas 30 tahun lebih rentan akan perceraian.

Penelitian yang dilakukan oleh Wolfinger ini menggunakan data yang dihimpun dari National Survey of Family Growth tahun 2006 hingga tahun 2010. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang menikah di usia 20 tahun memiliki 50 persen kemungkinan bercerai, sedangkan mereka yang menikah di kisaran usia 25 tahun memiliki 11 persen kemungkinan bercerai, dan mereka yang menikah di atas usia 32 tahun memiliki peningkatan kemungkinan bercerai sebesar 5 persen setiap tahunnya.

Menurut penelitian tahun 2002, angka perceraian mereka yang menikah di atas usia 32 tahun cenderung stabil. Namun, di tahun-tahun berikutnya terlihat peningkatan yang signifikan.

Meski tidak ditemukan penyebab pasti dari perceraian yang mungkin terjadi, berdasarkan perolehan data kebanyakan penyebab perceraian bagi mereka yang menikah di usia di atas 32 tahun adalah konflik perselingkuhan bersama mantan kekasih.

Mereka yang berusia di atas 30 tahun memang cenderung telah matang dan memiliki prinsip hidup yang yang dipegang teguh sejak lama. Bisa jadi perceraian terjadi karena prinsip yang sudah dipegang terlalu teguh sehingga tidak adanya toleransi untuk menyelaraskan prinsip kita dengan prinsip pasangan.

Well, ini kan hanya prasangka yang didapatkan berdasarkan perilaku kebanyakan orang. Semua yang terjadi dalam pernikahan setiap orang akan bergantung pada tujuan pasangan tersebut untuk menikah dan cara mereka menyelesaikan masalah.

Setuju?

(Visited 449 times, 1 visits today)