Penelitian Membuktikan: Kesepian Sama Bahayanya Untuk Kesehatan Seperti Merokok 15 Batang Sehari

130 views Leave a comment
Penelitian Membuktikan: Kesepian Sama Bahayanya Untuk Kesehatan Seperti Merokok 15 Batang Sehari

Dailymoslem – Berdasarkan penelitian terbaru dari Brigham Young University di Utah, Amerika, yang dilakukan pada tiga juta orang Amerika, ditemukan bahwa kesepian dapat membahayakan kesehatan, bahkan sama efeknya dengan merokok 15 batang sehari dan juga bahaya obesitas.

Seperti dikutip dari Daily Express, kesepian yang dimaksud adalah kondisi saat batin seseorang terisolasi secara sosial. “Meskipun sebenarnya dia dikelilingi oleh banyak orang, tetap saja merasa kesepian karena tidak adanya orang yang ia sayangi,” ujar Julianne Holt Lustand, pemimpin dari riset tersebut.

Dari penelitian tersebut juga ditemukan bahwa kesepian sangat rentan dialami oleh orang-orang berusaia lanjut yang kehilangan orang-orang yang dicintai karena kematian atau perpisahan tertentu. Selain itu, Julianne juga mengatakan bahwa kesepian juga mengancam pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR.

Sebagai solusinya, para peneliti menyarankan pada pasangan jarak jauh untuk menjalin komunikasi melalui berbagai sarana yang ada dengan intensi untuk mengurangi efek bahaya dari kesepian. “Kita harus mengambil hubungan sosial yang lebih serius lagi. Tekanan yang disebabkan oleh penetrasi batin bisa lebih berbahaya daripada penyakit yang terjadi secara langsung pada fisik,” kata Julainne Holt Lunstand.

(Visited 122 times, 1 visits today)