Pemerintah Prancis Larang Muslimah Berenang Jika Tak Pakai Bikini

823 views Leave a comment
Pemerintah Prancis Larang Muslimah Berenang Jika Tak Pakai Bikini

Dailymoslem – Selama ini Prancis memang dikenal sebagai negara sekular yang memiliki kepercayaan bawah sebuah institusi harus berdiri secara terpisah dari masalah kepercayaan. Sejak adanya berbagai kasus terorisme yang dituduhkan pada kaum muslim, Prancis semakin sering memperlihatkan ideologinya tersebut. Bahkan beberapa peraturan dirasa sangat diskriminatif.

Pada tahun 2011 lalu, Prancis mengumumkan bahwa burqa (jilbab yang menutupi seluruh tubuh kecuali mata) adalah sesuatu yang dilarang. Tentu saja hal ini sangat merugikan kaum muslimah yang memakain burqa atau niqab dalam kesehariannya.

Seperti tak ingin berhenti disana, kini pemerintah Prancis melarang pakaian renang muslim yang diberi nama burkini. Meski disebut sebagai pakaian renang burqini memang dimodifikasi untuk dapat menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah, telapak tangan dan kaki.

David Lisnard mengatakan burkini memperlihatkan pemihakan keagamaan “secara terang-terangan” dan dapat memicu keresahan karena Prancis adalah sasaran kelompok militan berhaluan Islam. Keresahan Prancis pada atribut agama khususnya Islam ini terjadi setelah adanya teror yang menewaskan ratusan orang, termasuk insiden truk yang terjadi di bulan Juli lalu dekat Nice.

Cannes, Villeneuve-Loubet and Sisco merupakan tiga kota yang telah mengkukuhan peraturan ini. Siapapun yang mengenakan burkini di pantai atau wahana permainan air di kota tersebut akan dikenai denda 38 euro atau lebih dari Rp500.000.Meksipun begitu, sampai saat ini belum ada orang yang ditindak karena menggunakan burkini di tempat umum.

(Visited 1 times, 1 visits today)