Pelaku Pemboman di Bangkok Tertangkap Kamera CCTV

429 views
Pelaku Pemboman di Bangkok Tertangkap Kamera CCTV

Dailymoslem РInsiden bom di kuil Erawan, Bangkok, Thailand Senin (17/8) malam telah menewaskan 27 orang dan melukai setidaknya 123 orang yang sedang berada di sekitar kuil. Bom meledak saat kuil sedang ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun luar negeri, dua di antaranya berasal dari Indonesia.

Dalam penyelidikan, petugas menemukan seseorang yang diduga tersangka peledakan bom tersebut tertangkap di kamera CCTV. Pelaku diduga merupakan seorang dari kelompok Kaus Merah, salah satu kelompok anti pemerintah di Thailand.

“Hari ini ada seorang tersangka yang terlihat dalam CCTV, tetapi tidak jelas …. Kami sedang mencari orang ini,” kata Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha, dilansir dari internasional.kompas.com. Dia menambahkan bahwa dirinya yakin tersangka berasal dari “kelompok anti-pemerintah yang berbasis di Thailand timur laut”. Daerah timur laut itu merupakan basis kelompok Kaus Merah yang anti-pemerintah.

Pelaku Pemboman di Bangkok Tertangkap Kamera CCTV

Thailand khususnya Bangkok memang kerap mengalami berbagai kekerasan bernuansa politik yang mencekam. Kelompok Kaus Merah yang diduga terlibat dalam peledakan bom di Kuil Erawan kali ini merupakan pendukung dari Yingluck Shinawatra dan kakaknya Thaksin Shinawatra yang pemerintahannya digulingkan 2014 lalu.

Kelompok ini sempat beberapa kali dituduh sebagai penyebab berbagai ledakan bom yang terjadi di Thailand. Namun, kelompok Kaus Merah selalu membantah keras tuduhan-tuduhan tersebut. Tuduhan juga tidak terbukti saat polisi menyalahkan kelompok ini atas bom mobil di pulau resor Koh Samuai di awal tahun ini.

Dalam ledakan yang terjadi di Kuil Erawan kali ini, tuduhan kembali terarah pada Kelompok Kaus Merah.

(Visited 248 times, 1 visits today)