Pelajaran dari Aksi Elanto Wijoyono Hadang Konvoi Moge Di Tengah Perayaan Kemerdekaan

637 views
Pelajaran dari Aksi Elanto Wijoyono Hadang Konvoi Moge Di Tengah Perayaan Kemerdekaan

Dailymoslem – Di tengah perayaan kemerdekaan kali ini, ada satu hal yang menyentil perilaku disiplin masyarakat Indonesia, yaitu aksi Elanto Wijoyono yang menghadang ratusan pengendara moge yang sedang konvoi dan menerobos lampu merah di salah satu ruas jalan Yogyakarta.

Setelah berusaha menghadang ratusan moge tersebut dengan berdiri di tengah jalan dan berkomunikasi dengan polisi yang sedang berjaga, Elanto Wijayono dan lima warga Yogyakarta lainnya yang turut membantu saat itu juga akhirnya berhasil menghadang ratusan pengendara moge tersebut di lampu merah Condongcatur.

Sebelumnya, Elanto mengaku sudah menyambangi kantor Ditlantas Polda DIY untuk menyampaikan niatnya agar para pengendara Moge diperingatkan.

“Sebelumnya sudah konfirmasi ke petugas pos di situ. Petugas pos berjanji akan mengatur tapi hanya memperlambat saja,” tutur Elanto seperti dilansir dari liputan6.com.

Setelah insiden pencegatan ini, foto Elanto yang tampak bersitegang dengan salah seorang dari pengendara moge di lampu merah ini menjadi viral di Internet. Banyak netizen yang kecewa pada pihak kepolisian yang justru mengawal rombongan ini dan membiarkannya menerobos lampu merah dan membahayakan pengguna jalan lain.

Pelajaran dari Aksi Elanto Wijoyono Hadang Konvoi Moge Di Tengah Perayaan Kemerdekaan

Para pengendara moge tersebut berdalih bahwa konvoi yang mereka lakukan telah mengantongi izin dari kepolisian berdasarkan undang-undang mengenai Pengguna Jalan yang Memperoleh Hak Utama, yang salah satunya adalah konvoi untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Namun, di dalam pasal tersebut ternyata terdapat penjelasan mengenai kepentingan tertentu yang dimaksud, yaitu kepentingan yang memerlukan penanganan segera, seperti kendaraan untuk penanganan ancaman bom, pengangkat pasukan, penanganan huru-hara dan penanganan bencana alam.

Pelajaran dari Aksi Elanto Wijoyono Hadang Konvoi Moge Di Tengah Perayaan Kemerdekaan

Kejadian ini seharusnya menjadi pelajaran bagi kita di tengah perayaan kemerdekaan ke-70 yang sedang ramai dirayakan. Ternyata, begitu banyak hal kecil namun berpengaruh besar yang masih perlu kita ubah untuk menjadi bangsa yang lebih baik dan lebih berempati. Misalnya saja, perilaku egois yang meminta pengistimewaan menggunakan fasilitas umum untuk memuaskan kesenangan pribadi semata seperti yang baru kita saksikan kemarin. Mungkin terasa sangat kecil, tapi bisa berpengaruh besar pada kenyamanan orang banyak. Perubahan kecil yang sebenarnya bisa kita mulai dari diri kita sendiri untuk langkah paling pertama.

(Visited 491 times, 1 visits today)