Otak Kadal, Bagian Otak Yang Jerumuskan Kita Dalam Gagal

1186 views

Dailymoslem –Pernakah kamu merasakan ada sesuatu hal yang melarang untuk melakukan hal yang besar dan menantang? Hal tersebut seperti membisikan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi jika kamu melakukannya dan membuat kamu ragu setengah mati. Kamu juga jadi sangat bimbang dan gelisah, sepertinya separuh semangat yang tadinya menggebu-gebu lenyap sudah ketika pikiran buruk kita muncul.

Well, itu bukan menandakan kamu punya kepribadian ganda yang saling serang satu sama lain saat ada keinginan untuk melakukan sesuatu. Atau menandakan bahwa kamu selama ini mengalami paranoid yang parah. Bukan. Penyebabnya bukan itu semua. Kekhawatiran akan hal yang cukup besar dan relatif baru muncul dari salah satu bagian otak kita. Bagian otak tersebut biasa di namakan otak kadal.

amygdala

Otak kadal merupakan bagian otak yang berfungsi seperti provokator nyata yang ada di kepala kita. Bagian ini yang memiliki pengaruh pada ketakutan untuk melakukan sesuatu yang baru. Otak kadal membuat kita ingin selalu ada di zona nyaman dan tidak mau melompat pada area yang sedikit membahayakan. Padahal dalam ilmu saham ada yang disebut dengan high risk high return. Semakin besar risiko yang mungkin terjadi, semakin besar juga kemungkinan kita untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Otak kadal yang memiliki nama asli Amygdala ini memang disetting untuk membuat kita takut sebelum berperang. Amygdala ini adalah instruktur kegalauan dan mempengaruhi kita untuk tidak percaya diri, resah dan gelisah menghadapi sesuatu.

Sebenarnya, otak kadal atau amygdala ini mempunyai sisi positif. Bayangkan jika semua manusia tidak memiliki amygdala, akan semakin banyak pengemudi asal-asalan yang menyeroboti jalan. Nah, dengan adanya amygdala ini para pengemudi setidaknya memiliki perasaan takut celaka, sehingga lebih hari-hati lagi dalam berkendara.

Otak kadal memang harus dilawan karena ia akan menciutkan semangat juang yang menggebu. Namun jangan sampai dikikis habis. Ingat setiap ciptaan Allah pasti memiliki fungsi yang berguna untuk hambanya. Redam otak kadal agar tak terlalu menggelayuti kepala, namun biarkan dia ada agar kita benar-benar bisa mengendalikan diri dengan bijak.

(Visited 656 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS