Olahraga Ternyata Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak Hingga Hari Tua

101 views Leave a comment
Olahraga Ternyata Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Otak Hingga Hari Tua

Dailymoslem – Olahraga memang dikenal memiliki banyak manfaa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, salah satunya adalah membantu menjaga kesehatan otak hingga hari tua.

Penelitian membuktikan bahwa orang yang rajin berolahraga di usia 40 atau 50 tahun dapat membantu mencegah penyusutan otak yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti demensia dan alzheimer di usia lanjut. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas dan harapan hidup menjadi lebih baik.

Penelitian yang telah terdata di Framingham Heart Study tersebut mengambil sample dari 1.583 orang yang berusia rata-rata 40 tahun. Mereka diminta untuk melakukan olahraga kardio seperti treadmill, kemudian menjalani scan MRI pada otak setelahnya.

Salah satu peneliti, Dr. Nicole Spartano dari Boston University School of Medicine di Amerika mengatakan bahwa hasil dari penelitian itu menunjukkan orang yang kurang berolahraga di usia 30-40 tahun akan berisiko mengalami penyusutan otak 20 tahun kemudian.

“Ada kolerasi langsung antara kurangnya kebugaran dengan volume otak puluhan tahun kemudian. Penelitian menunjukkan percepatan penuaan otak ,” kata Nicole, seperti dilansir dari sehatmagz.com.

(Visited 116 times, 1 visits today)