Ngeri! Hasil Scan 4D Ini Tunjukkan Perkembangan Janin yang Terganggu karena Asap Rokok

1496 views

Dailymoslem – Fakta bahwa merokok dapat sangat mengganggu kehamilan memang sudah menjadi rahasia umum, tapi foto dan video ini mungkin bisa semakin membuat para calon ibu benar-benar memperhatikan bahaya rokok untuk janin.

Dilansir dari dailymail.co.uk, sebuah penelitian yang dilakukan di James Cook University Hospital di Middlesbrough menunjukkan perkembangan janin yang terganggu karena sang ibu yang merokok. Dr. Nadja Reissland dari Durham University melakukan penelitian pada 20 ibu hamil yang 14 di antaranya adalah perokok aktif yang menghabiskan hingga 14 batang rokok per hari.

Dalam 4-D ultrasound scan yang diambil Dr. Nadja, terlihat bahwa janin dari ibu yang merokok lebih sering menyentuh wajah dan tangannya daripada bayi dari ibu yang tidak merokok. Penelitian ini dilakukan pada usia janin 24, 28, 32 dan 36 minggu.

26EDCC0D00000578-3007401-image-a-45_1427136486479

Menurut Dr. Nadja dan peneliti lain, normalnya bayi akan semakin jarang menyentuh wajah dan mulutnya seiring perkembangannya. Jika janin terus-terusan menyentuh wajah dan mulutnya, berarti perkembangan sistem sarafnya terganggu.

Meski semua bayi dari ibu yang berpartisipasi dalam penelitian Dr. Nadja ini lahir sehat dengan ukuran dan berat yang normal, namun Dr. Nadja mengkhawatirkan ketidaknormalan pada organ lain si anak, terutama saraf.

26E986BD00000578-0-image-a-3_1427104612130

Saat ini, sekitar 12 persen wanita hamil di Inggris adalah perokok. Dr. Nadja menyarankan pada semua ibu hamil agar berhenti merokok untuk menghindari perkembangan janin yang terganggu. “Dengan perkembangan teknologi saat ini, kita bisa mengungkapkan hal-hal yang sebelumnya tersembunyi, termasuk mengungkapkan bahwa merokok dapat mengganggu perkembangan janin dengan cara yang mungkin tidak kita sadari,” ujarnya.

Anak adalah titipan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, sudah sepatutnya kita menjaganya dengan baik hingga terlahir ke dunia, juga membekalinya dengan ilmu pengetahuan dan keimanan untuk menjalani hidup hingga ia kembali kepad Allah nanti. Semoga kita selalu ada dalam bimingan dan jalan Allah dalam mendidik anak-anak kita. Aamiin.

(Visited 885 times, 1 visits today)