Naik Haji Bawa Anak Usia Balita dan Batita, Mungkinkah?

285 views Leave a comment
Naik Haji Bawa Anak Usia Balita dan Batita, Mungkinkah?

Dailymoslem – Menunaikan ibadah haji salah satu dari kelima rukun Islam dan hanya wajib dilaksanakan bagi mereka yang mampu untuk melakukannya.  Salah satu dilema yang dirasakan para orangtua yang hendak berangkat haji adalah meninggalkan anak mereka selama menunaikan ibadah haji, terutama jika anak masih dalam usia balita dan batita.

Saat ini, terdapat berbagai kemudahan untuk menunaikan haji yang memungkinkan para orangtua untuk membawa serta anak-anak mereka untuk menunaikan ibadah haji. Hanya saja, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan dengan matang jika hendak membawa anak dalam perjalanan haji.

Pertama, tentu kita harus menjelaskan pada anak tentang perjalanan yang akan dilaluinya ke Mekkah, bahwa ini adalah perjalanan untuk beribadah. Perkenalkan istilah dan esensi berhaji pada anak, terutama jika anak sudah berusia di atas tiga tahun dan bisa diajak berkomunikasi. Ajak juga anak untuk terlibat dalam berbagai ibdah saat berhaji jika anak sudah cukup umur untuk melakukannya, misalnya sholat dan berdo’a.

Kedua, persiapkan obat-obatan dan kesehatan anak. Bawalah obat-obatan untuk flu dan batuk untuk mengantisipasi jika kesehatan anak tiba-tiba menurun. Jangan lupa juga untuk imunisasi sebelum berangkat agar kesehatannya benar-benar terjaga.

Ketiga, siapkan pakaian hangat dan sunscreen untuk anak. Iklim di Mekkah dan Madinah mungkin akan panas, namun udara akan sangat dingin di malam hari. Jadi, siapkan untuk keduanya.

Keempat, pastikan apakah travel yang anda sewa untuk berangkat haji menyediakan fasilitas untuk anak-anak atau tidak. Komunikasikan rencana anda untuk membawa anak dengan pihak travel untuk memudahkan perjalanan.

Kelima, agar anak tidak bosan selama di pesawat atau di perjalanan dari satu lokasi ibadah ke lokasi ibadah lainnya, siapkan aktivitas untuk di perjalanan. Misalnya alat mewarnai atau game untuk di perjalanan.

Itulah sekiranya beberapa hal yang bisa dipersiapkan jika Anda berencana membawa anak dalam perjalanan berhaji kali ini. Selamat menunaikan ibadah haji bagi yang menjalankan dan semoga menjadi haji yang mabrur.

(Visited 328 times, 1 visits today)