Musibah Yang Renggut Ratusan Nyawa Jamaah Haji Dari Tahun 1990

277 views Leave a comment
lempar jumrah

Dailymoslem – Peristiwa nahas yang menelan ribuan korban meninggal maupun luka di Mina, Kamis (24/9) kemarin bukanlah yang pertama kalinya. Mina merupakan sebuah lembah di padan pasir, terletak sekitar 5 kilometer sebelah Timur kota Mekkah.

Mina dikenal sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan lempar jumrah dalam ibadah haji. Ribuan tenda dibangun di Mina untuk tempat tinggal Jemaah haji yang akan melaksanakan wukuf di Arafah dan melempar Jumrah keesokan harinya.

Seperti yang telah dikatakan diatas, bahwa pristiwa di Mina yang menewaskan ratusan orang ini bukanlah yang pertama kalinya. Kejadian nahas ini adalah yang kedelapan kalinya. Berikut ringkasan tragedi Mina dari tahun ke tahun.

12 Januari 2006

Kejadian bermula saat koper-koper dari sebuah bus jatuh dan menyebabkan laju Jemaah haji tiba-tiba berhenti. Jemaah haji yang berada di barisan belakang kemudian mendorong kedepan sehingga banyak yang terjatuh akibat berdesak-desakan. Insiden yang menewaskan 345 jemaah haji tersebut terjadi saat dua juta orang melakukan lempar jumrah.

1 Februari 2004

Menewaskan 244 jemaah haji dan ratusan lainnya luka-luka. Insiden di Al-Jamarat pada ibadah haji tahun 2004 ini disebabkan oleh faktor yang sama yaitu kondisi berdesakan yang ekstrem yang terjadi sekitar 27 menit.

Ibadah haji tahun 2003

Sedikitnya 14 orang tewas karena terinjak-injak saat dua rombogan yang telah melakukan lempar jumrah bertemu dengan rombongan lain yang baru datang.

5 Maret 2001

23 Jemaah perempuan dan 23 pria meninggal akibat berdesakan dalam cuaca yang panas di Jamarat. Orang-orang saling dorong dan ambulans beralalu lalang ketika itu.

9 April 1998

Insiden di Jamarat kali ini menewaskan 119 jemaah haji. Perjalanan yang menanjak dan melelahkan ditambah banyaknya orang ditempat tersebut, membuat banyak perempuan dan Jemaah yang sudah tua kehilangan kesadaran hingga terinjak-injak.

15 April 1997

Kejadian yang menewaskan setidaknya 345 jemaah haji pada tahun ini bukan karena berdesak-desakan melainkan kebakaran di perkampungan tenda di Mina. Lebih dari 1500 orang cedera. Insiden mengerikan tersebut dipicu oleh tabung gas yang meledak yang menyebabkan api menjalar ke 70 ribu tenda.

23 Mei 1994

Sebanyak 270 jemaah haji, kebanyakan dari Indonesia, meninggal dunia di al-Jamarat saat melakukan ritual lempar jumrah.

2 Juli 1990

Insiden ini adalah yang terparah. Sekitar 1.426 Jemaah haji dilaporkan meninggal dunia akibat berdesak-desakan dan saling injak di terowongan Haratul Lisan, Mina. 631 diantaranya berasal dari Indonesia.

Terowongan yang dirancang untuk menampung 1000 orang, pada saat itu dijejali 5000 jemaah. Oksigen yang berkurang membuat banyak orang tak sadarkan diri, sebagian meninggal dunia ditempat, sebagian terinjak-injak.

Saat itu banyak Jemaah yang sengaja berhenti karena ingin mendinginkan tubuh, sementara diluar ribuan jamaah haji mendesak masuk kedalam. Ditambah lagi sebagian Jemaah haji mencoba masuk dari sisi terowongan yang lain.

(Visited 235 times, 1 visits today)