Munggahan, Budaya Naik Kelas Menuju Ramadhan

510 views
munggahan

Dailymoslem – Bagi sebagian besar masyarakat Jawa Barat, kata munggahan mungkin sudah tak aneh di waktu menjelang Ramadhan. Munggahan biasanya dirayakan dengan piknik ke suatu tempat wisata untuk makan bersama-sama, bisa juga dengan makan bersama di rumah atau di tempat lain.

Kata munggahan sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu unggah yang berarti naik ke tempat yang lebih tinggi. Budaya munggahan yang dilakukan menjelang bulan Ramadhan bisa diartikan sebagai simbol bahwa kita akan memasuki sebuah bulan yang lebih tinggi derajatnya daripada bulan-bulan lainnya.

Budaya munggahan ini biasanya dilakukan sekitar seminggu sampai satu hari sebelum memasuki Ramadhan, diisi dengan acara kumpul bersama keluarga untuk makan siang bersama. Bisa dalam bentuk piknik ke tempat wisata tertentu, bisa juga di rumah salah satu kerabat atau tempat lainnya. Intinya, budaya munggahan ini biasanya diisi dengan acara makan-makan.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan dan berpuasa selama sebulan penuh, tidak ada salahnya kita menghabiskan waktu sebentar bersama sahabat dan keluarga untuk menikmati sajian lezat buatan kerabat atau mungkin buatan kita sendiri.

(Baca juga: Ragam Tradisi Rayakan Munggahan)

Selain itu, budaya munggahan juga bisa dimaknai sebagai perayaan karena kita akan segera memasuki bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim.

Budaya munggahan ini sendiri juga sebenarnya tidak dicontohkan oleh Rasul, beliau hanya mencontohkan untuk meningkatkan ibadah seperti sholat sunnah dan berpuasa di satu bulan menjelang Ramadhan.

Namun, setiap tempat pasti memiliki budayanya masing-masing seiring dengan kebiasaan para penduduknya. Tidak ada salahnya menyambut bulan yang kita tunggu-tunggu ini dengan budaya di daerah tersendiri, selama budaya tersebut tidak menyalahi aturan Islam.

Yuk, kita sambut Ramadhan dengan hati yang bersih dan siap beribadah.

(Baca juga: Agar Acara Buka Bersama Tidak Mengganggu Ibadah, Lakukan Hal-Hal Berikut Ini)

(Visited 314 times, 1 visits today)