Mudah, Ini Cara Agar Dapat Hunian Pribadi Di Usia Muda

127 views Leave a comment
Mudah, Ini Cara Agar Dapat Hunian Pribadi Di Usia MudaMudah, Ini Cara Agar Dapat Hunian Pribadi Di Usia Muda

Dailymoslem – Tiga kebutuhan pokok manusia yang wajib dimiliki adalah sandang, pangan dan papan. Sandang adalah pakaian, pangan tentunya adalah makanan serta papan yaitu hunian,  rumah tempat beristirahat dan berlindung dari segala cuaca. Pada kenyataannya sandang dan pangan merupakan hal yang paling mudah dipenuhi dari tiga poin tersebut. Urgensinya pun memiliki tingkat kepentingan yang lebih besar.

Papan yang nilai belinya jauh lebih mahal, menjadi salah satu pekerjaan rumah yang sulit dituntaskan oleh banyak orang. Bahkan beberapa orang hingga masa tuanya tidak memiliki tempat tinggal sendiri. Mereka terus menyewa atau mengontrak karena dianggap lebih murah. Padahal jika dihitung, uang kontrak selama puluhan tahun tersebut seharusnya sudah dapat membeli sebuah hunian.

(Baca juga: Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?)

Nah kali ini, kita akan mengetahui bagaimana sih caranya memiliki hunian sendiri di usia yang masih muda. Yuk langsung simak penjelasannya berikut ini.

Siapkan dana untuk Down Payment

Saat berpikir untuk mencicil sebuah hunian, hal yang harus pertamakali diketahui adalah semakin besar DP yang dikeluarkan maka akan semakin kecil beban cicilan dikemudian hari. Oleh karena itu, mulailah menabung sejak muda.

Sebaiknya pisahkan rekening penyimpanan dengan rekening penerimaan. Dengan begitu, kamu bisa dengan mudah mengkontrol dana yang masuk dan dana simpanan.

Membeli hunian di perumahan baru

Banyak orang yang tidak mau membeli hunian di tempat perumahan yang baru. Mereka berpikir, perumahan baru akan sangat sepi dan fasilitasnya belum baik. Padahal hunian di perumahan baru seringkali menawarkan harga yang lebih murah. Dengan harga yang lebih murah tersebut, biasanya di pertengahan tahun akan sudah banyak orang yang membeli sehingga pihak developer meningkatkan harga beberapa persen lebih mahal.

Perhitungkan kawasan

Memiliki hunian kawasan perkotaan memang menjadi impian banyak orang, namun harganya pun pasti jauh lebih mahal. Dengan demikian, mencari hunian di kawasan lain bisa menjadi solusi yang baik. Lagipula, banyak perumahan bagus yang terletak di luar kawasan perkotaan. Meski begitu, lakukan riset terlebih dahulu agar mendapatkan perumahan di kawasan yang akan berkembang.

Jangan gengsi dengan pinjaman malaikat

Di usia muda yang penuh ambisi, pinjaman merupakan salah satu hal yang dihindari. Alasannya gengsi atau terlalu idealis. Padahal jika ada pinjaman malaikat, alias bantuan dari keluarga bisa sangat membantu mempercepat proses untuk memiliki rumah. Kamu bisa menerima bantuan tersebut dengan tekad akan mengembalikannya pada waktu tertentu. Ingat, akan lebih banyak keuntungan saat kamu lebi cepat memiliki hunian sendiri.

Baca juga:

3 Rekomendasi Hunian Syariah untuk Keluarga Muslim

Beli Rumah Hanya Dengan Gaji Rp 3 Juta Sebulan, Bisakah?

Nuansa Islami Warnai Bisnis Properti

(Visited 116 times, 1 visits today)