Miliki Kandungan Nutrisi Lengkap, Para Peneliti Olah Ubi Jalar Menjadi Tepung

79 views Leave a comment
Miliki Kandungan Nutrisi Lengkap, Para Peneliti Olah Ubi Jalar Menjadi Tepung

Dailymoslem – Selama ini kita mungkin hanya mengenal tepung roti, tepung sagu, tepung beras atau tepung kentang. Namun, para peneliti baru-baru ini melakukan inovasi untuk membuat tepung dari ubi, karena kandungan nutrisi yang sangat lengkap dari ubi jalar.

Seperti dilansir dari medicaldaily.com, percobaan ini dilakukan oleh Mary Ann Lila dan Mary Grace dari North Carolina State’s Plants for Human Health Institute yang menemukan bahwa ubi jalar merupakan makanan pokok keenam di dunia. Tanaman umbi ini juga mengandung berbagai nutrisi seperti asam fenolat, vitamin, B-karoten dan antosianin. B-karoten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

(Baca juga: Pola Makan Tradisional Orang Indonesia Ternyata yang Pola Makan yang Tersehat)

Ada tiga jenis phytochemical yang terkandung dalam ubi jalar, yaitu asam fenolat, karatenoid dan antosianin yang hanya terdapat dalam ubi jalar ungu. Tujuan Lila dan Grace membuat tepung dari ubi jalar adalah untuk mendapatkan semua kandungan nutrisi dalam ubi jalar dengan cara yang efisien. Lila dan Grace membuat tepung dari bahan yang stabil dan kering di mana tepung tersebut kaya akan phytoactive seperti polifenol pada buah. Polifenol ini akan mengikat protein lainnya dan pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi fenolat.

(Baca juga: Manfaat Singkong untuk Menyehatkan Jantung dan Tulang)

Ubi jalar mengandung tiga jenis phytochemical yaitu asam fenolat,karatenoid dan antosianin (hanya dalam ubi jalar ungu). Untuk mendapatkan semua kandungan nutrisi dalam ubi jalar, mereka mencoba mengolahnya menjadi tepung. Lila dan Grace membuat tepung dari bahan yang stabil dan kering di mana tepung tersebut kaya akan phytoactive seperti polifenol pada buah. Polifenol ini akan mengikat protein lainnya dan pada akhirnya akan meningkatkan konsentrasi fenolat.

Dengan dibuatnya tepung ubi jalar ini diharapkan orang jadi bisa mendapatkan kandungan nutrisi ubi jalar dalam resep masakan mereka. Kandungan polifenol kompleks dalam tepung ini juga dapat bisa didapat dalam anggur dan buah lainnya.

(Visited 104 times, 1 visits today)