Meski Sibuk Balapan, Prestasi Akademik Rio Haryanto Ternyata Tetap Mengagumkan

118 views Leave a comment
Meski Sibuk Balapan, Prestasi Akademik Rio Haryanto Ternyata Tetap Mengagumkan

Dailymoslem – Pembalap Rio Haryanto beberapa waktu belakangan tengah menjadi sorotan karena prestasinya di berbagai ajang balapan internasional. Saat ini, Rio bahkan tengah mengikuti ajang balapan paling bergengsi di dunia, yaitu F1 Manor Racing.

Bakat Rio Haryanto di dunia balap memang kerap membuatnya harus mengorbankan sekolahnya, bahkan Rio pernah menunda sekolahnya sewaktu SMA agar bisa fokus di balapan. Namun hal tersebut tidak menjadikan Rio mengabaikan prestasi akademik, terbukti pria berusia 23 tahun ini telah menyelesaikan pendidikan S1-nya dalam waktu hanya 3,5 tahun saja dengan nilai di atas rata-rata.

“Dia kuliah di FTMS Singapura. Dari waktu tempuh yang seharusnya 4 tahun, tapi 3,5 tahun sudah selesai. Nilainya di atas rata-rata. Nilainya A dan B,” kata ibu Rio, Indah Penywati, Minggu (21/2).

Menurut Indah, putra kebanggaannya itu memang ulet dan pandai mengelola waktu. Ia selalu memanfaatkan waktu luang di sela libur balapan dan latihan dengan belajar dan menyelesaikan kuliahnya.

“Dia itu kalau belajar sampai jam 04.00 pagi. Karena dia ingin berprestasi di bidang akademis,” lanjut Indah.

Meski begitu, Rio juga kerap meminta dispensasi untuk mendukung aktivitasnya di dunia balapan. Terkadang ia tidak bisa mengikuti perkuliahan reguler. Namun Rio selalu mengganti waktu tersebut dengan belajar sendiri hingga ia mampu mengikuti ujian dan meraih gelar sarjananya lima bulan lebih cepat dari waktu normal yaitu 4 tahun.

“Rio memang diberi dispensasi, yang penting saat ujian ikut. Itu saja, kalau enggak ikut ya enggak mungkin bisa lulus secepat itu,” ucap Indah.

(Visited 192 times, 1 visits today)