Meski Sibuk, 4 Kewajiban Pada Anak Ini Tidak Boleh Diabaikan

122 views Leave a comment
Meski Sibuk, 5 Kewajiban Pada Anak Ini Tidak Boleh Diabaikan

Dailymoslem – Saat ini banyak sekali orang tua yang sangat sibuk di luar rumah. Hal ini menyebabkan anak-anak menjadi terbengkalai. Meski makanan dan segala kebutuhannya terpenuhi, namun pendidikan agama dasar yang seharusnya diajari oleh orang tua jadi tak tersampaikan.

Sebenarnya tidak mengapa jika kita memiliki kesbikan lain di luar rumah, tetapi limah hal ini sebaiknya tidak disepelekan karena anak adalah salah satu titipan Allah yang akan dimintai pertanggung jawaban. Apa saja lima hal tersebut? Berikut penjelasannya.

Mengajari anak mengenai pahamnya shalat lima waktu

Shalat merupakan kewajiban bagi seorang muslim. Ibadah tersebut juga akan menjadi hal yang pertama dipertanggun jawabkan di akhirat kelak. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita memiliki tanggung jawab untuk menanamkan pemahaman mengenai petingnya shalat lima waktu.

Pastika jika ada waktu luang seperti weekend, kita mengajak anak untuk shalat bersama. Selain itu, biasakan untuk membangunkan anak ketika adzan subuh berkumandang. Dengan kebiasaan yang dimuali sejak kecil, insya Allah ia akan menjadi seorang yang jauh lebih baik dimasa mendatang.

Biasakan anak untuk mengucapkan kata tolong dan terimakasih

Kita seringkali mendapati seseorang yang meminta tolong dengan kasar dan tanpa mengucapkan terimakasih sama sekali setelahnya. Sebagai orang tua yang bertanggung jawab pada akhlak anak, sebaiknay sejak kecil anak dibiasakan untuk mengucapkan kata tolong saat meminta sesuatu dan terimakasih setelah mendapatkan bantuan atau yang ia inginkan.Hal ini sangat berimbas pada sifat menghargai orang lain.

Berikan contoh untuk meminta maaf saat melakukan kesalahan

Sebagai orang tua, tak jarang kita melakukan kesalahan pada anak. Misalnya sudah berjanji akan mengajaknya main tetapi tiba-tiba ada pekerjaan mendadak dan sangat penting sekali. Saat itu seharusnya sebagai orang tua kita meminta maaf. Hal ini dilakukan agar memupuk rasa toleransi anak dan membiasakan ia meminta maaf saat melakukan kesalahan yang lain.

Menjaga kata-katanya

Beberapa anak yang dibiarkan bermain seenaknya, berpotensi besar mengucapkan kata-kata kasar. Meskipun sebenarnya ia tidak mengerti menganai arti kata tersebut tapi, jika terus-terusan dibiarkan hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan.

Oleh karena itu, bagimanapun caranya kita harus memberikan pemahaman mengenai kata-kata yang baik sebagai salah satu cirri khas seorang muslim yang mulia.

Baca juga:

Tips Parenting dari Qur’an Surat Luqman: Ajarkan Anak Tentang Kerendahan Hati

Cara Mendapatkan Keluarga Bahagia Menurut Islam

Doa Mustajab Agar Dianugrahkan Keluarga yang Dapat Berkumpul Kembali di Syurga

(Visited 247 times, 1 visits today)