Meski Semua Bayi Yang Dilahirkan Suci, 3 Hal Ini Tidak Menjadi Hak Anak Hasil Zina

344 views Leave a comment
Meski Semua Bayi Yang Dilahirkan Suci, 3 Hal Ini Tidak Menjadi Hak Anak Hasil Zina

Dailymoslem – Zina merupakan hal yang sangat dilarang oleh agama Islam. Bukan hanya zina nya saja, tapi juga semua hal yang mendekati zina dilarang untuk dilakukan. Tidak hanya merusak masa depan pasangan yang melakukan zina, perbuatan tersebut juga merusak nasab anak yang dilahirkan.

(Baca juga: 3 Balasan Keji yang Akan Didapatkan Si Pendosa Zina Di Dunia dan Di Akhirat)

Meskipun semua anak yang baru dilahirkan ada dalam keadaan suci, ada tiga hal yang tidak bisa menjadi haknya. Tiga hal ini sebenarnya akan otomatis menjadi hak seorang anak yang lahir ke dunia. Namun Islam membuat pengecualian bagi anak yang dilahirkan dari perbuatan zina.

Tidak boleh bernasab pada ayahnya

Dalam hal ini, Islam memerintahkan untuk menasabkan anak pada ibunya. Jadi, anak tidak boleh mencantumkan nama belakang ayah meskipun dia adalah ayah biologisnya. Dengan begitu anak perempuan ataupun laki-laki dari hasil zina bernasab pada ibunya sendiri.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi keputusan bahwa anak dari hasil hubungan dengan budak yang tidak dia miliki, atau hasil zina dengan wanita merdeka tidak dinasabkan ke bapak biologisnya dan tidak mewarisinya…” (HR. Ahmad, Abu Daud, dihasankan Al-Albani serta Syuaib Al-Arnauth).

Tidak memperoleh hak waris ayah

Selain bernasab pada ibu, ia juga tidak berhak mendapatkan warisan dari ayahnya kecuali sang ayah menuliskan atau mengucapkan memberinya warisan sekian dan sekian. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam,

“Siapa yang mengklaim anak dari hasil di luar nikah yang sah, maka dia tidak mewarisi anak biologis dan tidak mendapatkan warisan darinya.” (HR. Abu Dawud, kitab Ath-Thalaq, Bab Fi Iddi’a` Walad Az-Zina no. 2266)

Apabila menikah ayah kandung tidak boleh menjadi wali

Hal lain yang tidak menjadi hak anak dari hubungan zina adalah ayah biologis tidak boleh menjadi wali nikah. Dalam hal ini, wali digantikan oleh orang lain selain kakek atau paman dari pihak ayah, salah satunya adalah wali Hakim (pejabat resmi KUA).

Namun ada beberapa pendapat yang berbeda mengenai hal ini. Imam Abu Hanifah mengatakan bahwa meskipun anak lahir dari hubungan perzinahan, ia tetap bernasab pada ayahnya. Sedangkan para ulama lain membedakan menjadi dua golongan.

  1. Bayi boleh bernasab pada ayah, jika bayi lahir setelah enam bulan pernikahan
  2. Jika lahir sebelum enam bulan pernikahan maka tidak boleh bernasab pada ayah biologisnya.

Hasil Fatwa MUI mengenai kedudukan anak hasil perzinahan

Berikut ini beberapa poin yang menjadi keputusan Majelis Ulama Indonesia mengenai nasab atau kedudukan anak yang dilahirkan dari perzinahan.

1. Anak hasil zina tidak mempunyai hubungan nasab, wali nikah,  waris, dan nafaqah dengan lelaki yang menyebabkan kelahirannya.

2. Anak hasil zina  hanya mempunyai hubungan nasab, waris, dan nafaqah dengan ibunya dan keluarga ibunya.

3. Anak hasil zina tidak menanggung dosa perzinaan yang dilakukan oleh orang yang mengakibatkan kelahirannya

4. Pezina dikenakan hukuman hadd oleh pihak yang berwenang, untuk kepentingan menjaga keturunan yang sah (hifzh al-nasl).

5. Pemerintah berwenang menjatuhkan hukuman ta’zir lelaki pezina yang mengakibatkan lahirnya anak dengan mewajibkannya untuk:

a. mencukupi kebutuhan hidup anak tersebut;

b. memberikan harta setelah ia meninggal melalui wasiat wajibah.

6. Hukuman sebagaimana dimaksud nomor 5 bertujuan melindungi anak, bukan untuk mensahkan hubungan nasab antara anak tersebut dengan lelaki yang mengakibatkan kelahirannya.

Dengan mengetahui nasib dari keturunan hasil zina ini, seharusnya menjadi salah satu hal yang bisa menjauhkan kita dari perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Zina tidak hanya merusak masa depan pasangan, melainkan nasab dan kedudukan seseorang dikemudian hari.

Baca juga:

Akankah Allah Mengampuni Seorang Penzina?

3 Balasan Keji yang Akan Didapatkan Si Pendosa Zina Di Dunia dan Di Akhirat

8 Perilaku Suami Seperti Ini Sangat Dilarang Oleh Agama Islam

(Visited 173 times, 1 visits today)