Menonton Film Sedih, Secara Psikologis Membuat Seseorang Lebih Happy

87 views Leave a comment
o-PEOPLE-WATCHING-TV-facebook

Dailymoslem – Ada istilah bahwa wanita yang menangis sebenarnya telah sekuat tenaga menahan segala kesedihan yang dialaminya. Mereka menangis karena ingin sedikit beban yang ada dipikirannya. Ternyata benar, menangis memang dapat membuat perasaan seseorang jauh lebih baik.

Asmir Gracanin dari Universitas Tilburg in The Netherlands dan kelompoknya membuat sebuah penelitian apakah menangis mampu membuat perasaan seseorang jauh lebih baik atau tidak. Penelitian ini melihat perlikau partisipan saat dan setelah menonton film yang benar-benar sentimentil.

Setelah menonton film para partisipan yang menangis dan yang tidak meneteskan air mata sedikitpun diberikan sejumlah pertanyaan. Kemudian perasaan mereka akan dinilai hingga 20 sampai 90 menit kemudian.

Mereka yang tidak menangis sama sekali tidak merasakan perbedaan perasaan setelah menonton film sedih tersebut. Sedangkan mereka yang menangis perasaan mereka menjadi lebih sedih. Namun setelah 90 menit kemudian, partisipan yang menangis dilaporkan mengalami peningkatan mood jauh dari sebelumnya. Mereka merasa perasaannya jauh lebih baik.

Setelah suasana hati partisipan menurun bahkan hingga menangis, dibutuhkan beberapa waktu sehingga perasaannya jauh lebih baik dari sebelumnya.” Tutur Gracanin seperti dikutip dari zeenews.india.com.

Baca juga: 

Penelitian Ilmiah Membuktikan Pengaruh Membaca Al-Qur’an Terhadap Kejiwaan Seseorang

Ilmuwan Menemukan Cara Jitu untuk Menghilangkan Rasa Lapar Tanpa Makan

(Visited 103 times, 1 visits today)