Mengonsumsi Air Es dan Gorengan untuk Berbuka Puasa, Amankah?

568 views
air es

Dailymoslem – Setelah seharian menahan haus dan lapar, segelas air dengan es yang belum seluruhnya mencair memang menjadi pilihan yang cocok untuk melegakan tenggorokan. Ditambah dengan gorengan yang gurih renyah.

Namun, amankah meminum air es dan gorengan untuk berbuka puasa?

Ada beberapa pendapat mengenai hal ini. Air es sendiri memang minuman yang kerap menyebabkan penyakit tenggorokan seperti batuk. Sedangkan gorengan, makanan berkalori tinggi ini seringkali dituduh sebagai penyebab kegemukan dan penyebab meningkatnya kolesterol.

(Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Tidak Cepat Lelah)

Menurut Dr. Nursyam, mengonsumsi air es ketika buka bukanlah hal yang disarankan karena dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.

“Biasanya saat berbuka umat muslim langsung menghilangkan dahaga dengan air es, saya sarankan sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan, karena dapat menyebabkan konstraksi pada lambung,” kata Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia Kalimantan Barat, Dr Nursyam MKes, dilansir dari makassar.tribunnews.com.

(Baca juga: 5 Cara Mudah Olah Buah Tanpa Ribet untuk Menu Buka Puasa)

Sependapat dengan Dr. Nursyam, Dr. Saptawati Bardasono, Ketua Program Studi Doktor Fakultas Kedokteran UI juga mengatakan bahwa sebaiknya saat berbuka kita meminum minuman yang suhunya sama dengan suhu tubuh.

“Sebenernya kalau puasa, yang tekuras adalah air dan energi. Begitu berbuka harus diganti dengan air yang sama dengan suhu tubuh. Gorengan tak apa-apa, asal tidak terlalu banyak,” ujarnya.

Menurutnya, segelas teh hangat dengan kolak sudah cukup untuk mengembalikan energi saat berbuka puasa.

“Itu sudah dapat mengembalikan gula darah. Setelah itu, baru makan yang berat,” jelasnya.

Sementara itu, Dr. Fiastuti Witjaksono, Ahli Gizi Medik dari RS Siloam memiliki pendapat yang berbeda. Ia menuturkan, mengonsumsi air dingin saat buka puasa tidaklah menjadi masalah, karena es mempunyai sifat seperti air dan akan menyesuaikan diri dengan suhu tubuh saat memasuki organ pencernaan.

Menurutnya, masalah yang mungkin ditimbulkan dari konsumsi air dingin adalah batuk. Ia malah menganjurkan untuk tidak mengonsumsi gorengan.

“Makanan sehat tidak dianjurkan untuk digoreng, apalagi dengan minyak yang sudah berkali-kali dipakai, tidak baik bagi tubuh. Makanan yang bagus itu yang pengolahannya selain digoreng. Efek makanan yang digoreng baru terlihat jangka panjang,” kata dia.

(Visited 395 times, 1 visits today)