Mengenal Ruqia, Jurnalis Cantik Yang Tewas Dihabisi ISIS

133 views Leave a comment
Mengenal Ruqia, Jurnalis Cantik Yang Tewas Dihabisi ISIS

Dailymoslem – Seorang jurnalis cantik bernama Ruqia Hassan, dihabisi ISIS karena tulisannya di akun facebook. Selama ini Ruqia dengan nama penanya Nissan Ibrahim menulis dalam akun media sosialnya mengenai kehidupan sehari-hari di Raqqa, sebuah kota yang menjadi markas besar ISIS.

Ia memiliki latar belakang pendidikan filsafat dari Universitas Aleppo. Kemudian ia bergabung dengan kelompok oposisi yang menentang Rezim Bashar al-Assad dan memilih tinggal di Raqqa setelah ISIS mengambil alih kota tersebut.

Ruqia ditahan oleh ISIS sejak Agustus lalu dengan tudingan telah melakukan kontak dengan shawat, istilah ISIS untuk merujuk kelompok Free Syrian Army yang dinilai mereka sebagai pengkhianat.

Banyak sekali yang diberitakan oleh Ruqqia dalam akun facebook-nya. Mulai dari apa yang ia rasakan, musik yang ia dengar, cerita ibu bercadar yang mengantarkan anak dengan berbekal AK47, hingga pesan-pesan atas harapannya pada para pengikutnya.

Berikut ini adalah salah satu postingan yang pernah diunggah oleh Ruqia, seperti dikutip dari theguardian.

“Oke, jika kita tak menginginkan Daesh (ISIS)…

Dan kita tak menginginkan koalisi mengebom Daesh…

Juga tak ingin Free Syrian Army melawan Daesh..

Lalu, apa yang sebenarnya kita inginkan?”

Ruqia pun pernah mengabarkan mengenai pengambil alihan internet yang dilakukan oleh ISIS yang berarti ia kehilangan cara berkomunikasi dengan keluarga dan juga terpisahnya hubungan Syria dengan negara lain.

Salah satu akun yang bernama Abu Mohammed, sorang pendiri anti -ISIS yang disebut Suriah Raqqa is Being Slaughtered Silently (RBSS) mengunggah kata-kata terakhir dari Ruqia.

Aku ada di Raqqa dan menerima ancaman pembunuhan. Ketika ISIS akan menahanku dan membunuhku, tak masalah. Sebab, mereka bisa memenggal kepalaku, namun bukan harga diriku.”

Ruqia dibunuh ISIS pada September lalu, namun beritanya mulai menyebar minggu ini setelah ISIS dalam sosial media menyatakan bahwa jurnalis wanita tersebut masih hidup.

Sampai saat ini akun facebook Ruqia memang masih aktif. Namun para aktivis menduga bahwa hal tersebut merupakan ulah ISIS untuk menggali informasi mengenai lawan-lawan mereka.

Kematian Ruqia bukanlah satu-satunya berita duka yang mendera jurnalis perempuan di sana. Banyak sekali jurnalis perempuan tak teridentifikasi yang dihabisi militan ISIS.

Bahkan, minggu lalu ISIS mengunggah video propaganda yang memperlihatkan kesadisan eksekusi mati 5 orang karena menjalankan kafe internet serta mengirimkan gambar-gambar mengenai kota Raqqa ke Turki.

Baca Juga:

Penasaran dengan Isi Hotel Burj Al-Arab Di Dubai yang Harganya Miliaran Dollar Per Malam? Intip Di Sini

Bayi 2 Minggu Asal Syria Ini Lebih Kuat Dari Bom Dan Dari Reruntuhan Bangunan

Mark Zuckerberg Tunjukkan Dukungan Untuk Komunitas Muslim Dunia

(Visited 212 times, 1 visits today)



RELATED ITEMS