Mengenal Hari Solidaritas Hijab Internasional Tanggal 4 September

118 views Leave a comment
Mengenal Hari Solidaritas Hijab Internasional Tanggal 4 September

Dailymoslem – Hingga saat ini penggunaan hijab sebagai identitas muslim masih menimbulkan kontroversi di beberapa belahan dunia, terutama di negara-negara barat. Tanpa alasan yang jelas, Islam seringkali dipandang sebagai agama teroris dan penuh kekerasan. Hingga akhirnya banyak para muslimah berhijab mendapat banyak ancaman dan diskriminasi karena identitasnya sebagai muslim yang terlihat jelas.

Untuk itulah, pada 4 September 2004 lalu para muslim Eropa mengadakan pertemuan yang diadakan di London, Inggris, dengan tema “Assembly for the Protection of Hijab,” atau “Majelis untuk Perlindungan Hijab.”

Pertemuan ini dilatarbelakangi oleh berbagai kebijakan pemerintah negara-negara Eropa yang semakin mendiskriminasi muslimah berhijab. Di antaranya adalah kebijakan pemerintah Perancis yang melarang penggunaan jilbab di institusi-institusi pendidikan dan institusi publik. Selain itu, London juga melarang para mahasiswanya untuk memakai simbol-simbol keagamaan. Sedangkan muslimah memiliki kewajiban untuk mengenakan hijab yang mereka anggap sebagai salah satu simbol keagamaan.

Dalam pertemuan 4 September 2004 tersebut kemudian dicetuskan tanggal 4 September sebagai Hari Solidaritas Hijab Internasional, untuk memberi toleransi dan solidaritas pada para muslimah berhijab di seluruh dunia.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga ditetapkan rencana aksi untuk membela hak wanita muslim yang ingin mempertahankan hijab mereka. Hingga saat ini, meski masih banyak islamophobia yang terasa di berbagai negara barat, sedikit demi sedikit Islam mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia.

Pada hakikatnya, hijab sendiri bertujuan untuk melindungi perempuan Muslim dari bahaya. Banyak orang berpendapat bahwa hijab merupakan bentuk kekangan Islam terhadap para wanita Muslim. Namun jika dicermati lagi, hijab justru merupakan bentuk kedaulatan perempuan atas tubuhnya sendiri. Dengan melindungi tubuhnya dengan hijab, seorang perempuan jadi memiliki hak penuh atas tubuhnya, dia sendirilah yang berhak untuk memilih siapa saja orang yang boleh melihatnya. Bukankah itu merupakan salah satu bentuk kemerdekaan?

Selamat Hari Solidaritas Hijab Internasional!

(Visited 120 times, 1 visits today)