Mencari Nafkah dengan Merakit Televisi, Pria Lulusan SD Ini Harus Rela Dipenjara

91 views Leave a comment
Mencari Nafkah dengan Merakit Televisi, Pria Lulusan SD Ini Harus Rela Dipenjara

Dailymoslem – Kejaksaan Negeri (Kejari Karanganyar) memusnahkan ratusan unit televisi rakitan yang dianggap sebagai barang bukti kejahatan. Ratusan televisi tersebut dimusnahkan dengan cara dimusnahkan di dua tempat, yaitu di Kantor Kejari Karanganyar dan Tempat Pembuangan Akhir Sukosari Jumantono, dilansir dari jateng.tribunnews.com.

Warga asal Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabuapaten Karanganyar bernama Muhammad Kusrin tersebut ditangkap pada bulan Maret 2015 lalu dan dianggap bersalah karena usahanya untuk merakit televisi tidak mengantongi izin dari pemerintah.

“Kusrin diputuskan bersalah karena terbukti melanggar pasal 120 ayat 1 UU Republik Indonesia nomor 3 tahun 2014 tentang perindustrian dan dijatuhi hukuman enam bulan penjara dengan masa percobaan satu tahun serta denda sebesar Rp 2,5 juta,” ujar Kepala Kejari Karanganyar Teguh Subroto, Senin (11/1/2016).

 Menurutnya, pada saat proses penangkapan, Kusrin sebenarnya sudah mengajikan izin perakitan televisi tersebut kepada Pemerintah. Namun, izin yang diajukan Kusrin baru turun sebelum sidang putusan dilakukan.

Kasi Pidanan Umum Kejari Karanganyar, Heru Prasetyo mengatakan perakitan televisi oleh Kusrin tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2015. Kusrin merakit televisi dari monitor bekas yang diberi kardus dan label layaknya televisi baru keluaran pabrik.

Kusrin mendistribusikan televisi rakitannya tersebut dengan harga Rp. 750.000 hingga Rp. 800.000 di sejumlah kota di Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo. Dari usaha ini, Kusrin telah mendapatkan untung sekitar Rp. 11 juta.

(Visited 327 times, 1 visits today)