Membawa Ponsel Ke Toilet dapat Menyebabkan Penyakit, Benarkah?

99 views Leave a comment
Membawa Ponsel Ke Toilet dapat Menyebabkan Penyakit, Benarkah?

Dailymoslem – Membawa ponsel atau smartphone ke dalam toilet memang menjadi kebiasaan tersendiri bagi beberapa orang tertentu. Hal ini biasanya dilakukan untuk membunuh kebosanan saat menghabisakan waktu lama duduk di toilet.

Namun, ternyata hal ini berbahaya dan dapat menimbulkan penyakit. Seperti kata dua dokter yang diwawancarai oleh Metro.co.uk, Ackerly dan Cutler, yang mengatakan bahwa ponsel yang kita pegang saat di toilet bisa menjadi media transfer kuman dan bakteri yang ada di toilet seperti salmonella, E. Colli dan D. Difficile.

Menurut kedua dokter tersebut, hal ini bisa terjadi ketika kita langsung memegang ponsel setelah menyeka bokong tanpa mencuci tangan terlebih dulu. Namun, tentunya hal ini tidak mungkin kita lakukan. Apalagi di Indonesia, kita memiliki kebiasaan untuk tidak hanya menyeka bokong dengan tissue setelah buang air, melainkan mencucinya dengan air kemdian mencuci tangan kita juga dengan menggunakan air dan sabun, baru kemudian kita memegang benda lain.

“Pada dasarnya, anda tidak perlu membawa ponsel ke toilet,” tutur Dr Ron Cutler dari Queen Mary`s University London lebih tegas soal ini. Tapi menurutnya, tingkat kontaminasi bersifat relatif, tergantung kondisi toiletnya. Toilet pribadi mungkin tidak terlalu bermasalah, tapi tidak dengan toilet umum atau toilet rumah sakit.

Menurut Ackerly, kuman bisa menyebar sejauh enam kaki dari pusat toilet.

Namun, satu dokter lainnya yang diwawancarai Metro.co.uk memiliki pandangan yang berbeda. Val Curtis dari Environmental Health Group di London School of Hygine and Tropical Medicine mengatakan bahwa penyebaran kuman melalui ponsel di toilet adalah pendapat yang berlebihan. Menurutnya, orang yang terlalu terobsesi dengan kebersihan justru akan menyakiti dirinya sendiri.

Kalau menurut kamu bagaimana, Muslim Friends?

(Visited 59 times, 1 visits today)