Mau Belanja Baju Lebaran Online Tapi Takut Tak Sesuai Harapan? Coba Ikut Tips-Tips Ini

477 views
belanja online

Dailymoslem – Belanja online memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Di satu sisi, kita tak perlu bangkit dari tempat duduk, hanya tinggal memilih barang melalui kemudian transfer. Di sisi lain, belanja online itu seperti kucing dalam karung, kita tidak melihat secara fisik barang yang akan kita beli.

Apalagi untuk baju Lebaran, baju yang akan kita pakai di hari spesial nanti. Kalau sampai beli yang tak sesuai dengan keinginan, masa harus beli lagi?

(Baca juga: Spot Bazaar Fashion Di Kawasan Bandung)

Belanja online sebenarnya tidak semenyeramkan itu, kita bisa saja mendapat baju yang sesuai keinginan, tepat seperti difoto, asalkan kita pandai memilihnya.

Bagaimana caranya? Berikut ini tips-tipsnya.

Pilih Toko Online yang Sudah Memiliki Nama Dalam Ranah Online Maupun Offline

Screenshot-Busana Muslim Mezora - Gamis & Hijab Modern Terbaru - Mozilla Firefox

Hal pertama yang menjadi pertimbangan adalah kredibilitas toko online tempat kamu berbelanja. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, pilih toko online yang sudah terpercaya secara online maupun offline.

Ketahui Lingkar Pinggang, Lingkar Dada dan Panjang Tubuh Kamu dari Bahu Hingga Kaki

Saat berbelanja online, kamu juga tidak bisa langsung mencoba baju yang kamu inginkan. Biasanya toko online mencantumkan ukuran berikut lingkar pinggang, lingkar dada dan panjang baju di kolom keterangan. Kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuranmu agar baju pilihanmu benar-benar pas.

Baca Baik-Baik Kebijakan Situs

Pastikan juga kamu membaca baik-baik kebijakan situs tersebut sebelum melakukan transaksi. Perhatikan ketentuan untuk mengembalikan barang jika ada ketidaksesuaian dengan barang yang sudah dibeli.

Pertimbangkan Cara Pembayaran

Toko online juga biasanya memberikan berbagai pilihan untuk pembayaran. Mulai dari transfer bank, cash on delivery, bahkan sekarang kamu juga bisa berbelanja online dan melakukan pembayaran di Alfamart terdekat. Salah satu toko online yang sudah mengaplikasikan metode pembayaran ini adalah Mahanesia.

Perhatikan Harga Total

Jumlah total pembelanjaan biasanya dihitung secara otomatis saat kamu check out setelah berbelanja online. Hitung ulang jumlah total dengan perhitunganmu sendiri untuk memastikan bahwa tidak ada yang dirugikan.

Simpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, biasanya kamu diminta untuk mengirimkan bukti pembayaran sebelum barang pesananmu dikirimkan. Meski kamu sudah melakukan konfirmasi pembayaran, pastikan kamu tidak membuang bukti pembayaran sampai barang pesananmu sampai di tanganmu dengan aman.

Pilih Online Marketplace yang Terpercaya

slider image mahanesia facebook

Selain berbelanja di brand tertentu, kamu juga bisa berbelanja online melalui marketplace yang menyediakan berbagai brand dalam satu situs, seperti Zalora, Lazada, OLX atau Mahanesia. Pastikan marketplace yang kamu pilih aman dan terpercaya.

Di marketplace seperti Zalora atau Mahanesia, kamu bisa memilih berbagai brand yang dikumpulkan dalam satu situs, belanja online di situs semacam ini dirasa lebih aman. Tetap di beberapa marketplace tertentu seperti Lazada dan OLX, penjual bisa melakukan penjualan dan pengiriman secara mandiri, sehingga pilihan menjadi lebih banyak tapi kamu juga harus berhati-hati memilih penjual yang tepat dan bisa dipercaya.

(Baca juga: Tips Mendapatkan Baju Lebaran Harga Murah)

Belanja online memiliki banyak keuntungan dan kemudahan jika kita bisa melakukannya dengan cerdas, kan? Masih takut belanja online?

(Visited 485 times, 1 visits today)