Masya Allah Inilah Yang Lebih Baik Daripada Khatam Al-Quran Berkali-kali Di Bulan Ramadan

120 views Leave a comment
Masya Allah Inilah Yang Lebih Baik Daripada Khatam Al-Quran Berkali-kali Di Bulan Ramadan

Dailymoslem – Mengkhatamkan Al-Quran hingga beberapa kali di bulan Ramadan memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Dengan khatam Al-Quran di bulan Ramadan, rasanya waktu yang kita lalui menjadi lebih berarti. Setidaknya tidak terbuang dengan cuma-cuma.

Bagi mereka yang sudah sangat lancar membaca Al-Quran, bisa dengan cepat membacanya tanpa mengabaikan hukum-hukum tajwid. Namun bagi yang belum terlalu paham hukum tajwid, apakah boleh tetap mengejar target khatam beberapa kali dalam bulan Ramadan?

Sebagian orang mungkin hanya mengejar pahala yang dijanjikan oleh Allah yaitu sepuluh kebaikan dari satu ayat yang dibaca. Sehingga akhirnya kuantitas ayatlah yang dikejar.

“Siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah akan mendapat satu kebaikan dan satu kebaikan berlipat sepuluh kali. Aku tidak katakan alif lam mim satu huruf, namun alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Padahal, Allah lebih menyenangi bacaan Al-Quran yang perlahan dan jelas. Apalagi jika setelahnya diaplikasikan ayat-ayat yang mengandung kalam Alla tersebut dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

“Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan (tartil)” (QS. Al-Muzammil:4)

Ayat diatas telah menjelaskan bahwa, membaca Al-Quran haruslah dengan tartil dan sesuai dengan hukum-hukum tajwid. Salah membaca maka salah juga artinya. Sayang jika kita khatam Al-Quran beberapa kali dalam sebulan namun bacaannya salah. Membaca Al-Quran dengan tartil bahkan dapat mendorong hati kita untuk terus memahami Al-Quran dengan menyeluruh. Mentadaburi ayat serta artinya hingga terwujud dalam keseharian.

 

Baca Juga:

3 Lelaki Tampan Penghafal Quran

Al-Quran Yang Pertama Dengan Terjemahan Bahasa Inggris Ini Gegerkan Masyarakat Muslim

Cara Mudah Menghafal Al-Quran Ala Ust. Yusuf Mansyur

(Visited 450 times, 1 visits today)