Masya Allah Inilah Fakta Ilmiah Tentang Sunnah Untuk Mengkibas-kibaskan tempat tidur

125 views Leave a comment
Masya Allah Inilah Fakta Ilmiah Tentang Sunnah Untuk Mengkibas-kibaskan tempat tidur

Dailymoslem – Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin memiliki banyak cara untuk menghindarkan para pengikutnya dari mara bahaya. Bukan hanya bahaya dari siksa api neraka namun juga dari segala bahaya yang ada di dunia. Cara Islam menjaga para pengikutnya adalah dengan memberikan aturan juga beberapa sikap yang dicontohkan oleh panutan seluruh Muslim, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. 

Dari sahabat Abi Hurairah ra: Rasulullah Shallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila salah seorang dari kalian hendak barbaring di tempat tidurnya hendaklah ia kibas-kibas tempat tidurnya itu dengan sarungnya. Karena dia tidak tahu apa yang terjadi pada tempat tidurnya setelah ia tinggalkan sebelumnya.” (HR Bukhari Muslim)

“Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali.” (Sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi. 3410, dishahihkan dalam Kalim Thoyyib: 3410)

Salah satu contoh kecilnya adalah sunnah Rasul yang menyebutkan untuk mengkibas-kibaskan kasur yang akan ditiduri sebanyak tiga kali. Hal ini banyak disepelekan oleh manusia, karena dianggap tidak memberikan manfaat apapun. Namun ternyata, fakta ilmiah membuktikan kebenaran sunnah ini.

Ada 2 – 10 juta Duts Mites di kasur

Serangga renik yang tak disadari manusia karena hanya dapat dilihat melalui mikroskop ini ternyata meninggali seprai dan kasur saat ditinggalkan manusia. Sel kulit mati manusia yang tertinggal disana adalah salah satu faktor mereka mengerumuti seprai sepanjang hari.

Duts Mites yang dibiarkan akan menimbulkan alergi pada tubuh manusia. Kotoran dan kulit serangga yang mengandung protein tertentu ini menyebabkan alergi bagi orang-orang yang sensitif. Bahkan, mereka yang awalnya tidak sensitifpun dalam kadar tertentu akan merasakan dampaknya.

Tidak dapat dihilangkan dengan di cuci air

Uniknya, meskipun seprai dicuci menggunakan detergen dan pembersih lainnya serangga ini masih bisa bertahan.  Hal tradisional yang bisa mengatasinya adalah dengan menjemur kasur dibawah terik matahari.  Namun, tentu saja bagi kondisi pekerjaan yang padat menjemur kasur menajdi hal yang cukup sulit dilakukan.

Cara paling efektif

Selain menjemur kasur di bawah terik matahari, ada satu cara yang paling efektif untuk mengenyahkan jutaan duts mites tersebut. Caranya adalah dengan menepuk-nepuk dan mengkibas-kibaskan seprai dan kasur sebelum ditiduri. Hal ini tentunya sesuia dengan apa yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam jauh sebelum teknologi berkembang seperti sekarang ini.

Baca juga:

Masya Allah,Ternyata Museum Ini Simpan Bagian Tubuh Rasulullah

Sudah Kenal Dengan Cicit Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam Yang Hebohkan Netizen?

Satu Doa Yang Diajarkan Rasulullah Agar Tetap Dilindungi Dari Hilangnya Kenikmatan

(Visited 220 times, 1 visits today)