Masya Allah, Ini Manfaat Shalat Untuk Kesehatan Manusia

119 views Leave a comment
Masya Allah, Ini Manfaat Shalat Untuk Kesehatan Manusia

Dailymoslem  Islam memang agama yang Rahmatan Lil Alamin. Segela sesuatu yang ada didalamnya adalah rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh umat. Perintah dan larangan yang dibuat oleh Allah adalah benar dan sempurna. Bukan semata untuk menyembah Allah namun ada hikmah tersendiri bagi orang-orang yang mengamalkannya. Salah satunya adalah perintah Allah untuk menunaikan Shalat lima waktu.

Allah Azza Wa Jalla berfirman:

Peliharalah segala shalat(mu) dan peliharalah shalat wustha, berdirilah karena Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu.”

Sungguh Allah adalah Tuhan semesta alam yang hanya pada-Nya lah kita menyembah dan memohon pertolongan. Banyak bukti bagi orang-orang yang berpikir bahwa apa yang ada di bumi dan di langit adalah kekuasan Allah dan Al-quran sebagai mukzizat yang diturunkan kepada Rasulullah adalah benar. Tidak ada keraguan di dalamnya. Mana mungkin kitab kuno dari abad ketujuh mampu mengetahui manfaat gerakan-gerakan yang ada dalam Shalat. Hal tersebut hanya mampu dilakukan oleh pencipta alam ini saja. Tidak ada yang lain.

Seluruh gerakan yang ada dalam shalat memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut dibuktikan melalui ilmu kesehatan yang berasal dari China. Dalam ilmu kesehatan tersebut disebutkan bahwa tubuh manusia mengandung dua komponen. Chi (berbentuk energi, tenaga dan kekuatan) dan Yang (fisik, raga, badan). Dua komponen tersebut memiliki keterikatan. Jika komponen Chi tidak berfungsi, maka Yang tidak akan bergerak sedikit pun dengan kata lain meninggal.

Shalat lima waktu juga disebutkan memiliki manfaat untuk kesehatan, dikatakan bahwa Shalat subuh dapat menyehatkan paru-paru, Shalat Dzuhur sebagai terapi untuk jantung dan usus kecil, Shalat Ashar berfungsi untuk terapi kandung kemih, Shalat Magrib untuk terapi ginjal dan Shalat isya untuk terapi selaput pembungkus jantung (pericardium) dan hati.

Gerakan-gerakan dalam shalat pun memiliki manfaat tersendiri. Dimulai dari berdiri tegak menghadap kiblat, takbiratul ihram, Ruku’, I’tidal, Sujud, Iftirasy, Bangkit berdiri, Tahayyat awal dan akhir, serta Salam. Semua memiliki kandungan gerakan yang berhubungan dengan aliran darah,  Chi (energi) dan Yang (fisik) yang ada dalam diri manusia.

Bukan hanya waktu shalat dan gerakannya saja yang bermanfaat bagi tubuh manusia namun, kegiatan mensucikan diri sbelum shalat pun sangat bermanfaat. Dalam ilmu kesehatan Cina, Wudhu ternyata mengandung Hidroterapi. Air yang kita gunakan untuk wudhu memiliki fungsi tersendiri. Tampaknya, air punya daya khusus untuk menghilangkan stress dan menyegarkan kembali tubuh kita.

Allah telah memberikan petunjuk yang Maha Sempurna sampai hal-hal kecil yang mungkin kita pun tidak begitu tahu manfaatnya. Sungguh Allah Maha Tahu atas segala sesuatu. Lalu, nikmat Tuhan yang mana lagikah yang kamu dustakan?

 

Baca Juga:

Agar Mendapat Kekhusyuan Dalam Shalat

Masya Allah, Ini Adalah Keutamaan Shalat Tahajud

Rasulullah Pun Mendoakan Pasangan Suami Istri Yang Saling Bangunkan Shalat Tahajud

Hati-Hati Shalat Menjadi Tidak Sah Karena Hal Sepele Ini

Tiga Cara Ampuh Untuk Bangun Shalat Tahajud

 

(Visited 148 times, 1 visits today)