Masya Allah, Ini Adalah Keutamaan Dari Istigfar

463 views
tasbeh

Dailymoslem – Hidup didunia ini penuh dengan ujian dan cobaan. Banyak orang di dunia ini yang lantas menghabisi nyawa sendiri akibat tidak kuat menghadapi cobaan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Padahal Allah tidak memberikan sebuah cobaan yang tidak bisa dilalui oleh hamba-Nya.

Salah satu cara agar kita kuat menghadapi cobaan yang menerpa adalah dengan ber-istigfar. Memohon ampunan kepada Allah, dengan mengucap doa atau dzikir yang menunjukkan bahwa kita mengakui segala dosa yang telah diperbuat.

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هُمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ “

Dari Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang senantiasa beristighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kegundahan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya dan Allah memberinya rizki dari arah yang tidak ia sangka-sangka.” (HR. Abu Daud no. 1518, Ibnu Majah no. 3819, Al-Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubra no. 6421 dan Ath-Thabarani dalam Al-Mu’jam Al-Kubra no. 10665)

Masya Allah. Dengan kita beristigfar mengakui dosa dan meminta ampun kepada-Nya, maka Allah akan segera menghilangkan kesedihan dan memberikan jalan untuk keluar dari segala keterpurukan.

Nah, selain keutamaan istigfar di atas, berikut beberapa keutamaan-keutamaan istigfar lainnya:

Dicintai Allah Subhanahu wa Ta’ala

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222). Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.”(HR.Ibnu Majah).

Menyelamatkan Dari Api Neraka

Hudzaifah pernah berkata, “Saya adalah orang yang tajam lidah terhadap keluargaku, Wahai Rasulullah, aku takut kalau lidahku itu menyebabkan ku masuk neraka’. Rasulullah bersabda,’Dimana posisimu terhadap istighfar? Sesungguhnya, aku senantiasa beristighfar kepada Allah sebanyak seratus kali dalam sehari semalam’.” (HR.Nasa’i, Ibnu Majah, al-Hakim dan dishahihkannya).

(Baca Juga: Subhanallah, Rasul pun Menangis Melihat Siksa Pedih Atas Wanita Berdosa Di Neraka)

Menahan Adzab

Allah berfirman,”Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.”(QS.al-Anfal: 33).

Melancarkan Rezeki

Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya.”(HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

Oleh karena itu, dengan meminta ampun dan senantiasa beristigfar maka Allah akan segera membukakan pintu rizki selapang-lapangnya.

(Baca Juga: 4 Rahasia Pembuka Pintu Rezeki Anda)

Membersihkan Hati

Rasulullah bersabda,”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya.”(HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi)

 

(Visited 575 times, 1 visits today)