Masya Allah,Ternyata Museum Ini Simpan Bagian Tubuh Rasulullah

318 views Leave a comment
topkapi

Dailymoslem – Bertemu dengan Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam barangkali menjadi impian setiap muslim. Kekasih Allah yang satu ini merupakan nabi terakhir yang memberikan syafaat di hari pembalasan nanti. Dengan syafaat Rasulullah, seseorang yang terjurumus dalam api neraka dapat terbebas darinya.

Bagi kita yang masih hidup di dunia, melihat benda-benda peninggalan Rasulullah pasti akan membuat hati bergetar. Meski jasadnya tak langsung terlihat, namun benda-benda tersebut tetap memunculkan aura dari sosok mulia Rasulullah.

Nah, benda-benda peninggalan tersebut ternyata bisa langsung kita lihat di salah satu museum yang berada di Turki. Bernama Topkapi Palace Museum, tempat ini menyimpan berbagai peninggalan dari Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. 

Uniknya Museum yang dulunya sebuah Istana terbesar di Instanbul Turki ini, tidak hanya memamerkan benda-benda yang pernah dipakai Rasulullah tetapi juga beberapa bagian tubuhnya.

Gigi tanggal Rasulullah

Gigi dan helai rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam
Gigi dan helai rambut Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam

Saat perang Uhud, tentara Muslim terdesak lantaran strategi Rasulullah tidak diindahkan karena tergiur harta ghanimah yang terhampar di depan mata. Tentara Muslim yang awalnya mendapat kemenangan dipukul telak dengan serangan tak terduga.

Saat melakukan perlawanan, Rasulullah kehilangan empat giginya. Dari keempatnya, hanya dua yang ditemukan di bukit Uhud dan salah satunya sekarang tersimpan di Topkapi Palace Museum.

Potongan jenggot

Beberapa hadits shahih menggambarkan perawakan Rasulullah yang rupawan. Rambutnya lurus agak bergelombang dan terurai hingga pundak, kulitnya putih bersih dan memiliki jenggot dengan sedikit uban.

Dikisahkan oleh Ismail bin Abi Khalid, “Aku mendengar Abu Juhaifa berkata, “Aku melihat sang Nabi dan Al-Hasan bin Ali tampak mirip dia. “Aku berkata pada Abu Juhaifa, “Coba gambarkan sosok nabi padaku.” Dia berkata, “Dia berkulit putih dan jenggotnya hitam dengan uban putih…” (Hadits riwayat Imam Bukhari, vol.IV no.744)

Di Topkapi Palace Museum sendiri terdapat helai jenggot yang disebut-sebut langsung di potong dari dagu Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Jubah dan Pedang Rasulullah

 

Jubah Rasulullah yang di pamerkan Museum Topkopi, Instanbul Turki
Jubah Rasulullah yang di pamerkan Museum Topkapi, Instanbul Turki
Pedang Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam
Pedang Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

Jubah yang dikenakan Rasulullah di semasa hidupnya dipajang rapi dalam kotak emas disalah satu ruangan berkubah. Disampingnya ada juga pedang Rasulullah yang nampak kokoh berlapiskan emas.

 

(Visited 352 times, 1 visits today)