Maqam Ibrahim Dan Fakta Luar Biasa Yang Menyelimutinya

593 views
makam ibrahim

Dailymoslem  – Mekkah adalah salah satu destinasi yang paling banyak diinginkan untuk dikunjungi. Setiap tahun, jutaan orang selalu berkunjung ke sana dengan tujuan untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan haji. Mereka melakukan tawwaf, mengitari Ka’bah sebagai rumah Allah Subhanahu wa Ta’ala kemudian melakukan serentetan ibadah lainnya.

Berbicara tentang Mekkah dan Ka’bah, ada salah satu spot yang banyak orang salah mengartikannya yaitu Maqam Ibrahim. Kebanyakan orang menganggap spot ini sebagai kuburan Nabi Ibrahim Alaihi Sallam, karena memiliki sebutan berawalan ‘maqam’.

Maqam Ibrahim merupakan sebuah prasasti di depan Ka’bah berbentuk kotak dengan dua lubang diatasnya. Lubang tersebut adalah pahatan dari jejak kaki Nabi Ibrahim Alaihi Sallam saat membangun baitullah.

Dengan kata lain, Maqam Ibrahim adalah simbol pengormatan kaum muslimin terhadap pembangunan baitullah yang dilakukan Nabi Ibrahim Alaihi Sallam. Saat ini, Maqam Ibrahim diletakan di dalam rumah kaca di depan Ka’bah.

Namun, para petugas disana akan melarang siapapun yang berdoa di depan Maqam Ibrahim. Hal itu dilakukan karena khawatir mengandung penyembahan dan penghormatan yang berlebih pada prasasti tersebut.

Selain menjadi sebuah simbol penghormatan, ada beberapa fakta yang luar biasa dari Maqam Ibrahim. Berikut beberapa fakta diantaranya:

(Visited 440 times, 1 visits today)