Mana yang Harus Didahulukan, Puasa Syawal atau Qadha?

1945 views
puasa syawal

Dailymoslem – Berpuasa selama enam hari di bulan Syawal merupakan ibadah yang disyariatkan dan disunnahkan. Sebagaimana hadist mengatakan:

“Barangsiapa yang berpuasa ramadhan lalu melanjutkannya dengan (berpuasa) enam hari di bulan syawal maka itulah puasa sepanjang tahun.” (HR. Muslim)

Namun, bagaimana jika kita masih memiliki hutang puasa yang harus dilunasi saat Ramadhan?

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqaroh : 184)

Apalagi bagi kaum perempuan, hutang puasa yang harus di-qadha setiap tahunnya hampir pasti selalu ada karena haid. Selain karena haid, hutang puasa juga bisa jadi ada karena sakit, dalam perjalanan jauh dan juga halangan lainnya.

Nah, manakah yang harus didahulukan, meng-qadha puasa atau melakukan puasa syawal?

Jika dilihat dari prioritasnya, berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib sedangkan berpuasa di bulan Syawal hukumnya sunnah. Begitu pula dengan hutang puasa yang harus kita qadha di hari-hari yang lain. Karena puasa tersebut merupakan puasa qadha untuk membayar hutang puasa Ramadhan, maka hukumnya wajib.

(Baca juga: Kenapa Lebaran Identik dengan Ketupat?)

Syeikh Muhammad bin Shaleh al Utsaimin mengatakan bahwa logikanya adalah mendahulukan yang wajib daripada yang sunnah karena yang wajib adalah utang yang harus dilunasi sedangkan yang sunnah adalah sesuatu yang dianjurkan ditunaikan apabila mendapatkan kemudahan dan jika ia tidak mendapati maka tidak ada kesempitan baginya untuk meninggalkannya.

(Baca juga: Kenapa Banyak Orang Menikah Setelah Lebaran?)

Nah, jadi sebaiknya kita menyelesaikan dahulu kewajiban untuk meng-qadha puasa Ramadhan sebelum melanjutkan dengan puasa sunnah di bulan Syawal.

Allahu ‘alam bisshawab.

(Visited 5,415 times, 1 visits today)