Makanan Unik Di Hari Lebaran Dari Berbagai Daerah

771 views
makanan lebaran berbagai negara

Dailymoslem – Jika di Indonesia Lebaran identik dengan ketupat dan opor aya, negara-negara lain juga memiliki makanan khasnya sendiri-sendiri untuk disantap di hari Lebaran. Mulai dari makanan besar sampai cemilan.

Berikut ini beberapa makanan unik di hari Lebaran dari berbagai negara.

Mesir, Kahk dan Fattah

fata dan kahk

Sama seperti di Indonesia, Lebaran di Mesir juga ditemani dengan camilan berupa kue kering. Jika di Indonesia nastar jadi primadona, maka di Mesir primadonanya adalah Kahk, yaitu kue kering yang diisi kacang dan dibalut gula bubuk.

Sheer Kurma, Pakistan

sheer kurma

Sheer kurma dibuat dari buah kurma yang dimasak dengan susu dan mi soun (vermicelli) menjadi sebuah pudding. Makanan ini menjadi sajian khas di hari Lebaran bagi penduduk Pakistan.

Iftariye, Turki

iftariye

Turki merupakan salah satu negara muslim dengan makanan khas Lebaran yang memiliki sentuhan Italia, yaitu roti mirip pizza yang terbuat dari tepung. Roti ini disajikan denga topping kurma, buah zaitu, roti pede, pastirma dan keju.

Kari Chotpoti, Bangladesh

kari chotpoti

Hampir mirip dengan sajian di Indonesia, yaitu makanan kari yang bersantan. Kari chotpoti dibuat dengan kacang polong, telur dan kentang. Namun, dalam kari khas Bangladesh ini tidak terdapat daging sama sekali.

(Baca juga: Sajian Khas Lebaran Dari Berbagai Daerah Di Indonesia)

Hyderabad Haleem dan Seviyan, India

Hyderabad Haleem dan Seviyan

Di India, menu khas Lebaran terbuat dari daging kambing rebus, yaitu Hyderabad Haleem yang dibuat dari daging kambing rebus yang dicampur bubur gandum, irisan telur dan bawang goreng. Sedangkan Seviyan adalah pudding bihun yang disajikan dengan susu dan buah kering.

Qatayef, Yordania

qatayef

Qatayef adalah makanan sejenis pancake atau serabi dengan aroma kayu manis yang diisi kacang-kacangan dan gula. Biasanya qatayef juga disiram sirup panas atau madu sebadai sentuhan akhir.

Chichken Bastilla dan Meloui, Maroko

chicken bastilla dan meloui

Jangan pikir chichken bastilla adalah lauk yang disantap untuk makanan berat, ini adalah kue berbahan dasar ayam yang dibumbui kunyit, kayu manis, lada dan jahe. Cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan pie. Sedangkan meloui merupakan roti yang mirip roti cane, dimakan dengan campuran madu dan mentega.

(Baca juga: Dandan Di Hari Lebaran, Hati-Hati Hijab Punuk Unta)

(Visited 460 times, 1 visits today)