Makan Pakai Tangan Ternyata Lebih Sehat Ketimbang Makan Pakai Sendok-Garpu

120 views Leave a comment
Makan Pakai Tangan Ternyata Lebih Sehat Ketimbang Makan Pakai Sendok-Garpu

Dailymoslem – Selama ini mungkin kita menganggap makan dengan sendok dan garpu lebih higienis dan tentunya lebih modern ketimbang makan dengan menggunakan tangan. Alasannya adalah kotoran di tangan yang mungkin ikut terbawa dengan makanan.

Namun, seorang ilmuwan dari University of Arizona, Amerika Serikat ini justru menemukan fakta yang sebaliknya. Mereka sepakat bahwa mkan menggunakan lebih baik untuk kesehatan dibanding makan dengan menggunakan alat bantu makan seperti sendok, garpu, sumpit atau alat bantu makan lainnya.

Menurut Gerba, aktivitas manusia di berbagai tempat menyebabkan manusia tidak bisa terlepas dari kuman dan bakteri. Karena alasan itulah, maka dianjurkan untuk untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Menurutnya, hal ini karena enzim Rnase yang terdapat di sela-sela jari manusia. Enzim Rnase ini berfungsi sebagai pengikat bakteri dan menurunkan aktivitas bakteri ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. Selain itu, enzim Rnase juga dapat berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membunuh virus berbahaya.

Gerba juga mengemukakan bahwa ada penghasil utama enzim Rnase tersebut adalah tiga jari tangan, yaitu ibu jari, telunjuk dan jari tengah. Hal ini selaras dengan sunnah dari Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam untuk makan dengan menggunakan tiga jari.

“Sesungguhnya Rasulullah SAW makan dengan tiga jari dan kalau sudah selesai makan, beliau menjilati (jari-jarinya).” (HR. Muslim).

Sumber: halhalal.com.

(Visited 151 times, 1 visits today)