Makan dengan Tangan Dapat Membantu Sukseskan Program Diet!

98 views Leave a comment
Makan dengan Tangan Dapat Membantu Sukseskan Program Diet!

Dailymoslem – Di beberapa daerah di Indonesia, makan dengan menggunakan tangan tanpa bantuan alat makan seperti sendok, garpu ataupun sumpit merupakan salah satu cara makan tradisional. Beberapa orang mungkin menganggapnya jorok, tapi makan dengan tangan ternyata punya banyak manfaat kesehatan, bahkan bisa membantu program diet.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wa Salam bahkan juga mencontohkan untuk makan dengan menggunakan tiga jari dan menjilatinya setelah makan.

“Sesungguhnya Rasulullah SAW makan dengan tiga jari dan kalau sudah selesai makan, beliau menjilati (jari-jarinya).” (HR. Muslim).

Makan dengan menggunakan tangan juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada pencernaan. Ketika kita menyentuh makanan dengan menggunkan ujung jari, otak memberi sinyal alami pada perut bahwa kita akan makan. Hal ini akan membuat perut lebih siap untuk menerima dan mencerna makanan.

Seperti dilansir dari Healthmeup, penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengalami diabetes tipe 2 adalah orang-orang yang suka menggunakan peralatan makan seperti sendok, garpu, sumpit dan peralatan makan lainnya saat makan. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang yang makan dengan menggunakan tangan dapat merasa kenyang lebih cepat. Hal ini dapat membantu kamu yang sedang menjalani program diet untuk dapat mengurangi porsi makan.

Namun, pastikan dulu tangan benar-benar bersih sebelum makan. Cuci tangan sebelum makan dan pastikan tidak ada kotoran di jari dan juga di sela kuku.

(Visited 66 times, 1 visits today)