Luar Biasa, Robot Buatan Indonesia Mendunia!

1600 views

Dailymoslem– Politeknik Negeri Bandung sebagai perguruan tinggi yang mewakili Indonesia dalam acara “Trinity College International Robot Contest 2015” di kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat berhasil meraih dua medali emas, satu perak dan satu perunggu pada akhir Maret silam.

Prestasi ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, mengingat kompetisi ini telah diselenggarakan kurang lebih 20 tahun dengan peserta dari berbagai negara seperti Amerika, China, Israel dan negara-negara lainnya.

Setiadi Rachmat selaku pembimbing tim ini mengatakan bahwa Tim Robot Pemadam Api Indonesia merupakan tim yang dipilih dari pemenang tingkat nasional Konets Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tahun 2014. Tim mewakili Indonesia untuk tingkat internasional dibawah penugasan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Foto_Robot2015

Dalam kompetisi ini, Tim Robot Pemadam Api Indonesia mengikuti dua divisi Trinity College International Robot Contest 2015, yaitu Divisi Pemadam Api Senior Beroda (Fire Fighting Senior Wheeled Division) dan Robot Berkaki ( Fire Fighting Senior Walking Division).

Dari enam robot yang dipertandingkan ada empat robot yang meraih penghargaan. Untuk Fire Fighting Senior Wheeled Division, tim memperoleh medali emas dari Robot Bandung WR dan medali perak dari Robot NUSANTARA WR. Sedangkan untuk Fire Fighting Senior Walking Division, tim mendapatkan medali emas untuk Robot Pasundan LR dan medali perunggu untuk Robot CIWARUGA LR.

Robot-robot tersebut dipertandingkan dengan cara diberikan misi untuk mencari titik api pada suatu simulasi interior rumah yang memiliki empat ruangan. Selain harus menemukan titik api yang disimpan secara acak dalam ruanagn, robot juga dituntut untuk memadamkan api secara cepat melalui berbagai rintangan.

Semoga, Indonesia akan terus menorehkan kemenangan lainnya dalam berbagai kompetisi Internasional.

(Visited 1,002 times, 1 visits today)



[shareaholic app="recommendations" id="15559134"]