Luar Biasa, Pria Asal Tasikmalaya Temukan Rumus Sulit Untuk Memudahkan Survei Cadangan Minyak Bumi

111 views Leave a comment
Luar Biasa, Pria Asa Tasikmalaya Temukan Rumus Sulit Untuk Memudahkan Survei Cadangan Minyak Bumi

Dailymoslem – Beranama Yogi Agmad Erlangga, pria asal Tasikmalaya yang juga seorang alumni ITB ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Mungkin warga Indonesia sendiri tak banyak yang tahu, namu pria yang sedang menyelesaikan program doktoralnya di Belanda ini berhasil memecahkan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara akurat.

Metode yang ditemukannya ini dapat mempercepat pemrosesan data seismik untuk survei cadangan minyak bumi. Bahkan metodenya mampu mempercepat pemrosesan data hingga seratus kali dibanding dengan metode pengukuran 2 dimensi sebelumnya.

Luar Biasa, Pria Asa Tasikmalaya Temukan Rumus Sulit Untuk Memudahkan Survei Cadangan Minyak BumiTak main-main, riset yang dibuat Yogi membuat perusahaan dunia sekelas Shell dan SenterNovem bersedia mengucurkan dana untuk mengembangkannya.

 

Bukan hanya membuat para insinyur bekerja lebih cepat untuk menemukan minyak bumi dengan tingkat akurasi yang tinggi, persamaan Helmholtz yang dipecahkan bahkan dapat menggambarkan berbagai jenis gelombang. Misalnya gelombang elektromagnetik untuk laser, penyimpanan data pada disc blu ray hingga radar penerbangan.

Baca juga:

Tahukah Kamu, Penemu Kopi Ternyata Seorang Muslim

Penemuan Terbaru: Racun Laba-Laba untuk Obat Penghilang Rasa Sakit

Universitas Pertama Di Dunia Ternyata Didirikan Oleh Seorang Wanita Muslim, Fatima Al Fihri

 

(Visited 265 times, 1 visits today)